5 Fakta Menarik tentang Telkom University

    0
    195
    sumber gambar : google

    AksaraFeature, Bandung (21/08/2019) – Telkom University sudah memulai masa perkuliahan pada 19 Agustus 2019 lalu. Ini berarti, mahasiswa-mahasiswa baru mulai melakukan aktifitasnya di Telkom University. Sebagai mahasiswa Telkom University, penting untuk mengetahui beberapa fakta mengenai kampusnya. Salah satunya yaitu fakta bahwa Telkom University merupakan penggabungan dari empat perguruan tinggi swasta. Empat universitas itu adalah Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Selain itu, ada pun fakta menarik lainnya mulai dari kegiatan, bangunan yang unik, sampai tipe mahasiswa. Berikut adalah fakta menarik lainnya tentang Telkom University:

    • Nama-Nama Gedung

    Penamaan gedung yang ada di Telkom University sangat unik. Hal ini karena penamaan gedung didasarkan nama pulau terluar Indonesia. Contohnya pada gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang dinamakan Gedung Miossu, Fakultas Industri Kreatis (FIK) yang dinamakan Sebatik, dan Gedung Rektorat yang dinamakan Gedung Bangkit. Selain mempunyai kesan tersendiri, penggunaan ini menjadi salah satu wujud pelestarian pulau di Indonesia agar lebih dikenal.

    • Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik

    Telkom University dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti), pada Jumat (16/8) di Senayan, Jakarta. Pencapaian tersebut salah satunya dinilai dari banyaknya program studi yang telah terakreditasi A dan 59% diantaranya telah mendapat akreditasi internasional. Hal ini juga menjadi kemajuan untuk Telkom University yang hanya meraih peringkat 3 pada tahun 2018.

    • Telkom University Convention Hall

    Telkom University Convention Hall (TUCH) merupakan gedung pertemuan milik kampus. Bentuk dari Gedung TUCH merupakan ikonik Telkom University, bentuknya dirancang layaknya sebuah tempurung keong, sehingga dijuluki dengan sebutan Gedung Keong. Selain itu, langit-langit TUCH dibuat dengan pola batik. Daya tampung TUCH setidaknya sekitar 8000 orang. Karena hal tersebut, TUCH digunakan untuk acara pelantikan wisudawan, pengenalan kampus pada mahasiswa baru, hingga acara besar lain seperti konser musik.

    • Situ Techno

    Situ Techno biasa disebut Danau Galau. Asal usul nama ini dikarenakan kebiasaan mahasiswanya duduk di pinggir danau, beristirahat dengan beban yang dibawanya. Situ Techno juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk melakukan kegiatan seperti bersantai, berolahraga, dan mengadakan acara. Berbagai fasilitas pun tersedia, seperti wi-fi dan gazebo yang mendukung  kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa. Situ Techno ini merupakan sebuah danau yang sangat menarik untuk dikunjungi.

    • Mahasiswa Termuda di Telkom University

    Pada tahun akademik 2019/2020, Telkom University menerima 6.968 mahasiswa baru, salah satunya berusia 14 tahun 10 bulan. Muhammad Aga Ananda diterima sebagai mahasiswa program studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak Fakultas Informatika. Aga mengikuti program akselerasi saat masih duduk di bangku SD dan SMP, sehingga usianya masih terbilang muda untuk berkuliah di telkom University.

    Itulah 5 fakta mengenai Telkom University. Selain itu, masih terdapat fakta lain yang lebih menarik. Setelah mengetahui fakta tersebut, sebagai mahasiswa baru Telkom Unversity, kamu lebih bangga dengan kampusmu bukan?

    Penulis: Ardiansah

    Editor: Falaah Saputra