Featured

8 Hal Yang Akan Kita Rindukan Dari Bulan Ramadhan

AksaraFeature, Bandung (11/05/2021) – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Tentu saja bulan Ramadhan sangat dinantikan bagi seluruh umat Muslim di dunia salah satunya Indonesia. Suasana bulan Ramadhan ini selalu jadi momen yang spesial dan menyimpan banyak kenangan untuk kita. Di bulan yang suci ini kita bisa lebih dekat kepada Sang Pencipta, keluarga, bahkan teman-teman. Setelah Ramadhan berlalu, maka akan tiba Hari Raya Idul Fitri. Tentunya bagi sebagian orang akan merindukan momen-momen Ramdhan. Berikut ini beberapa hal yang akan kita rindukan dari bulan Ramadhan.

  1. Membangunkan sahur

Sekumpulan pemuda yang berteriak sambil memukul kentongan/bedug/menggunakan speaker masjid untuk membangunkan sahur tentu saja ini merupakan ciri khas dari bulan Ramadhan. Walaupun kita suka sebal mendengarnya namun ini suatu hal yang akan kita rindukan.

2. Ngabuburit

Wah, ini hal yang ditunggu-tunggu oleh para pemuda dan pemudi. Biasanya kita pergi ngabuburit atau menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa dengan pergi ke suatu tempat yang berisi para pedagang. Suasana yang ramai oleh para pedagang tentu membuat kita semakin bersemangat membeli cemilan untuk berbuka nanti.

3. Berbuka bersama

Berbuka bersama biasanya menjadi agenda yang wajib di bulan Ramadhan ini. Nah, kita bisa manfaatkan kegiatan ini untuk silaturahmi atau reuni dengan keluarga, teman, ataupun rekan kerja.

4. Shalat tarawih berjamaah

Selain berpuasa, di bulan ramadan ini kita disunnahkan untuk shalat tarawih berjamaah. Biasanya ketika waktu adzan isya kita mengajak teman-teman atau keluarga untuk pergi ke masjid melaksanakan shalat tarawih berjamaah.

5. Bermain petasan

Saat kita kecil pasti kita sering meminta petasan dan bermain seusai shalat tarawih. Bahkan ketika malam takbiran selain mengadakan pawai terdapat beberapa orang yang bermain petasan untuk ikut memeriahkan suasana di malam takbiran.

6. Berbelanja baju lebaran

Lebaran identik dengan baju baru. Pada masa Ramadhan ini biasanya mall penuh dengan orang-orang yang berbelanja baju. Namun di era covid ini sebaiknya kita berbelanja menggunakan platform online untuk menghindari kerumunan yaa!

7. Sajian di saat puasa dan lebaran

 

Wah, ini yang ditunggu di bulan Ramadhan. Tidak afdal kalau di bulan Ramadhan ini kita tidak membuat/membeli sajian untuk berbuka puasa seperti es blewah, kolak, dan jangan lupa untuk membuat kue lebaran yang beraneka macam untuk disajikan saat lebaran.

8. Mudik/pulang kampung

Menjelang hari raya Idul Fitri, biasanya orang mulai mudik ke kampung halamannya untuk berkumpul dengan keluarga besar. Suasana mudik yang sangat khas seperti kondisi lalu lintas yang padat, penuhnya rest area, hingga harga tiket transportasi yang mengalami kenaikan harga merupakan suasana yang tentu saja akan kita rindukan karena hal ini hanya terjadi ketika menjelang hari raya.

Itulah beberapa hal yang akan kita rindukan dan membuat kita berkesan selama bulan Ramdhan.

Penulis: Yeni Octaviani

Editor: Putri Legia D.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button