Alasan Dibalik Relokasi Poliklinik dan Bagian Kemahasiswaan

0
650

AksaraNews, Bandung (29/10/2018) – Badan Kemahasiswaan (BK) dan Poliklinik sebagai pusat layanan administrasi dan kesehatan, secara resmi dipindahkan dari Gedung L secara bertahap. BK dipindahlokasikan ke Gedung Serba Guna (GSG), sedangkan Poliklinik ke Business Center. Pasca pindah lokasi, Poliklinik sudah mulai kembali efektif berkegiatan pada September 2018, kemudian menyusul BK pada Oktober 2018.

Pemindahan lokasi ini dilakukan atas putusan pimpinan tingkat tinggi Telkom University. Hal tersebut merupakan strategi agar semua kegiatan dapat dilakukan dalam lingkup yang sama. Kepindahan Poliklinik bertujuan agar seluruh kegiatan terpusat di Business Center, sedangkan BK juga bertujuan agar pemantauan terhadap kegiatan mahasiswa di Student Center lebih mudah dilakukan.

“Intinya semua kegiatan dilakukan disana, jadi tidak terpisah-pisah,” tegas Zakaria, selaku Kepala Rumah Tangga Logistik Telkom University.

Adapun perbedaan fasilitas BK yang lama dengan yang baru hanya terdapat pada mekanisme ruangannya. Jika BK di gedung L cenderung tersekat-sekat karena bangunan berlatar belakang asrama, maka pada lokasi BK yang baru dikondisikan sebagai tempat kerja yang terbuka. Tidak lagi ada blok antar bidang urusan. Hal ini membuat pekerjaan lebih terkoordinasi. Zakaria menambahkan, “Kalau sekarang lebih kondusif dalam bekerja.”

Sedangkan, Poliklinik yang sekarang dirasa lebih nyaman. Zakaria menegaskan, “Sebenarnya poliklinik yang dulu pun pola awalnya asrama, dan itu membuat tidak nyaman.”

Selain ruangan yang lebih nyaman, poliklinik juga menambahkan beberapa fasilitas penunjang seperti apotek dan klinik gigi. Penambahan ini bertujuan untuk pengembangan fasilitas layanan kesehatan civitas Telkom University. Sementara untuk data kesehatan pasien dan tata cara pendaftaran registrasi masih menggunakan mekanisme yang sama dengan ketika berlokasi di Gedung L.

Untuk Gedung L sendiri, akan kembali difungsikan pada peranan awalnya, yaitu sebagai asrama. Namun, asrama yang berlokasi di gedung L ini bukan merupakan asrama mahasiswa. Asrama ini lebih ditujukan sebagai tempat menginap orang tua mahasiswa ketika wisuda, atau jika Telkom University kedatangan tamu. “Jadi fungsi gedung L sekarang adalah penginapan by event,” ujar Zakaria.

Penulis: Dina Fadhilah Salma

Editor: Annisa Nisrina