Apa Kabar Ujian Akhir Semester?

0
674
Adanya Tugas Besar (Tubes) dan UAS mengundang berbagai opini dari mahasiswa, mulai dari pendapat sebaiknya tubes diberikan diawal semester, tidak perlu adanya tubes dan juga tubes sudah cukup mengukur kompetensi mahasiswa tanpa harus ada UAS. (Sumber gambar: telkomuniversity.ac.id)

AksaraNews, Bandung (30/11/16) Pekan ini adalah dua pekan menuju Ujian Akhir Semester (UAS), menjadi pecan yang sibuk bagi mahasiswa/i di Telkom University. Selain mempersiapkan untuk UAS, mahasiswa juga tengah sibukmengerjakan TugasBesar (TUBES) yang biasanya menjadi pengganti UAS. Beberapa mata kuliah menghadirkan TUBES dan UAS sekaligus. Beragamnya bidang ilmu dan program studi di Telkom University ini berdampak  pula pada beragamnya jenis TUBES yang diberikan. Salah satu yang sering muncul adalah membuat makalah, kemudian beberapa diantara lainnya adalah membuat event, jurnal, merangkum paper, melaksanakan wawancara, membuat alat bantu suatu pekerjaan, dan riset.

Sebenarnya ada baiknya juga dosen memberikan TUBES sebelum UAS karena TUBES merupakan pengaplikasian dari teori-teori dan materi yang diajarkan selama belajar mengajar dan UAS adalah standa rnilai yang dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman kita tentang materi yang diajarkan di kelas.

Ada yang berpendapat bahwa TUBES sebaiknya diberikan di awal semester agar tidak memberatkan mahasiswa menjelang UAS karena pecan menjelang UAS sebaiknya digunakan untuk focus belaja rmembahas materi UAS. Sebagian lain ada yang berpendapat bahwa TUBES sudah cukup tanpa perlu adanya UAS, karena didalam TUBES kita dapat belajar banyak proses dan juga melatih ketelitian lebih daripada mengerjakan UAS. Ada juga mahasiswa yang lebih senang dengan UAS tanpa TUBES dengan alasan efisiensi waktu dan juga lebih terstruktur.

Materi UAS dan TUBES secara umum merangkum hal-hal yang telah dipelajari oleh mahasiswa selama satu semester berlangsung, namun TUBES dapat memiliki sub tema karena pengerjaannya juga tergantung pada arahan dari dosen yang bersangkutan, macam tugasnya, dan kebutuhan mahasiswanya akan bidang tersebut.

Banyaknya mata kuliah yang di ambil mahasiswa juga berpengaruh dalam banyaknya TUBES yang akan diterima. Mayoritas mahasiswa mengambil 6 sampai 8 matakuliah dan rata-rata mendapatkantiga TUBES yang matakuliahnya tetap diselenggarakan dalam UAS.

“Sebenarnya UAS dan tugas besar harus seimbang. Jika ada tugas besar, jangan terlalu memberatkan. Karena tidak hanya 1 tubes saja yang harus dikerjakan. Banyak mata kuliah lain yang juga memberikan tubes. Mahasiswa juga dituntut aktif untuk mengikuti kegiatan non akademik. Takutnya jadi jatuh sakit saat mendekati uas karena harus terbagi dengan kegiatan akademik dan non akademik.” Ungkap Nurul Hidayah Ilmu Komunikasi 2015.(ADJ/NRL/AAC)