Headline

Asrama Diwajibkan Kembali Untuk Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025

AksaraNews, Bandung (16/11/2023) — Berdasarkan Nomor: 112/SKR04/WRIII/2023 tentang KEP.091, Telkom University membuat regulasi bahwa menetap di asrama kini bukan lagi sebuah pilihan, namun sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa baru program Diploma III, S1 Terapan, S1 Reguler, dan S1 International Class tahun akademik 2024/2025. 

Keputusan ini menimbang karena berakhirnya status pandemi Corona Virus Disease 2019 di Indonesia. Asrama juga diperlukan guna membentuk mahasiswa yang berkarakter unggul dan berprestasi serta menjadi pendamping dalam proses adaptasi terhadap lingkungan baru. 

Peraturan mengenai jumlah kapasitas juga kembali seperti dahulu, yaitu 4 orang per kamar yang dibandrol dengan tarif Rp Rp5.500.000,00 per orang. Mahasiswa baru juga mendapatkan fasilitas yang sama, yaitu:

  1. Gedung asrama
  2. Kasur
  3. Kamar mandi
  4. Token listrik
  5. Lobby
  6. Dapur
  7. Mushola
  8. Jemuran
  9. Pintu darurat
  10. Hydran
  11. Smoke Detector
  12. CCTV
  13. Mini market
  14. Barbershop
  15. Dorm hall
  16. Kantin asrama

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan mahasiswa selain fasilitas adalah (1) pengembangan karakter, di mana asrama dapat membentuk karakter mahasiswa yang mandiri, adaptif, bertoleransi, bertanggung jawab dan mampu bekerja sama, (2) kenyamanan berupa senior resident atau kakak tingkat yang tinggal di asrama sebagai pendamping, dorm accelerator atau kakak tingkat yang bertugas memberi mentoring akademik, helpdesk atau resepsionis yang akan membantu memenuhi keperluan di asrama, temen satu kamar dengan jurusan yang sama dan suasana asrama yang kondusif untuk belajar dan beraktifitas. Lalu dari segi (3) keamanan, asrama dilakukan pengawasan 24 jam oleh security, dan adanya pemberlakuan jam malam sampai dengan pukul 22.00, dan yang terakhir terkait (4) biaya, yaitu biaya asrama cenderung lebih murah dibanding kost di sekitar kampus dan tidak memerlukannya biaya transportasi untuk kuliah dan aktivitas selama di kampus.

 

Penulis: Najwa Umma Faradiva

Editor: Jasmine Fairuz

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button