Headline

Asrama Kembali Dibuka Bagi Mahasiswa Baru Telkom University

AksaraNews, Bandung (21/07/2022) – Telkom University memutuskan untuk membuka kembali asrama bagi mahasiswa baru tahun 2022. Kebijakan ini dilaksanakan sebagai salah satu penyesuaian dalam masa transisi pandemi COVID-19. “Pembukaan asrama ini didasari oleh kebijakan Yayasan Pendidikan Telkom, merujuk pada Peraturan Pemerintah terkait kondisi new normal pasca pandemi.” ujar Pramitha Aulia, Kepala Urusan Pengembangan Karakter Direktorat Kemahasiswaan Telkom University.

Sehubungan dengan dibukanya kembali asrama, Direktorat Kemahasiswaan Telkom University mengumumkan adanya kebijakan asrama yang baru, yaitu fasilitas asrama Telkom University bersifat tidak wajib atau pilihan. Selain itu, untuk tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku, kapasitas penghuni kamar dikurangi sebanyak 50 persen, dari yang sebelumnya 4 orang turun menjadi 2 orang per kamar. “Dikarenakan adaptasi dengan masa pandemi COVID-19, maka kapasitas penghuni asrama yang tadinya 4 menjadi 2, agar mengurangi mahasiswa yang berada di asrama.” tambah Pramitha.

Biaya sewa tahunan asrama dikenakan sebesar Rp5.000.000,00 per orang. Dengan biaya tersebut, fasilitas yang akan didapatkan penghuni antara lain 1 kamar mandi dalam, 2 kasur tingkat yang masing-masing hanya diisi oleh 1 mahasiswa, 2 meja belajar, 2 lemari di setiap kamar, serta student hall di setiap gedungnya.

Meskipun tidak ditinggali sekitar 2 tahun, gedung asrama secara rutin dibersihkan oleh pengelola asrama sehingga kondisinya selalu terawat. “Selama masa pandemi, gedung asrama masih selalu dibersihkan secara berkala. Kemudian, sebelum gedung asrama ditempati oleh para mahasiswa akan dilakukan perawatan terhadap gedung dan fasilitas yang ada di asrama.” papar Pramitha.

Registrasi asrama dibagi menjadi tiga tahapan. Dimulai dengan registrasi tahap pertama, registrasi ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru tahun 2022 yang telah melakukan registrasi pembayaran asrama dan berminat tinggal di asrama. Lalu, registrasi tahap kedua dibuka untuk mahasiswa baru tahun 2022 yang berminat tinggal di asrama dan belum membayar asrama. Kemudian, apabila kamar masih tersedia maka registrasi tahap ketiga akan dibuka untuk mahasiswa lama yang berstatus aktif. Pada 14 Juli 2022, registrasi asrama sudah ditutup oleh Direktorat Kemahasiswaan Telkom University karena kuota kamar sudah terpenuhi.

 

Penulis: Trisula Darmawan

Editor: Zida Naela Salsabilla

Related Articles

Back to top button