Featured

Bisniskupedia: Platform Mengenal Bisnis dan Finansial

AksaraFeatured, Bandung (04/11/2021) – Istilah bisnis tentu sudah tidak asing terdengar di telinga kita. Bisnis merupakan suatu kegiatan yang melibatkan proses memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan.

Di era industri 4.0 kegiatan berbisnis meningkat pesat dibandingkan dengan era sebelumnya. Adanya internet dan media sosial memberikan kemudahan untuk mengakses informasi sekaligus mempelajari ilmu bisnis, yang terbuka untuk siapa saja dari berbagai latar belakang. Saat ini terdapat berbagai macam platform edukasi mengenai bisnis dan finansial, salah satunya adalah Bisniskupedia di Instagram.

Didirikan dan dibentuk oleh Abdul Rozzak Junaidi, mahasiswa S1 Teknologi Informasi Telkom University pada Juli 2021, Bisniskupedia merupakan salah satu organisasi penggerak dari yayasan Sinergi Aksi Peduli yang bergerak di sektor ekonomi.

“Bisniskupedia adalah sebuah entitas yang ingin menyalurkan informasi terkait dunia finansial maupun bisnis ke beberapa universitas,” jelas Abdul Rozzak Junaidi selaku CEO Bisniskupedia.

Beliau juga menambahkan saat ini Bisniskupedia sedang membentuk pusat terintegrasi atau yang disebut sebagai Bisniskupedia pusat.

Dalam Bisniskupedia pusat terdapat beberapa divisi, diantaranya adalah divisi Economic Growth Research yang berisikan tim yang mendiskusikan tentang perkembangan ekonomi dan finansial atau bisnis, baik di Indonesia maupun luar negeri. Selain itu, terdapat divisi Investor Club Study dimana anggota divisi tersebut akan melakukan analisis secara sentimental, fundamental, ataupun teknikal terkait saham yang akan meningkat atau menurun di hari itu.

“Menariknya dalam Investor Club Study yaitu tidak ada anggota yang tidak melakukan investasi,” tambahnya.

Selain Bisniskupedia Pusat, terdapat juga Bisniskupedia Komuniti yang fokusnya bergerak di universitas agar mahasiswa-mahasiswanya mengerti minimal 50% mengenai ekonomi. Saat ini Bisniskupedia komuniti baru terbentuk di Telkom University dan sedang dirancang Bisniskupedia komuniti di universitas lainnya, khususnya di Jawa Barat sampai 2022 nanti.

 

Penulis : Ni’matul Rihhadatil Aisy

Editor : Tesyalonica Adriana Dewi

Related Articles

Back to top button