Headline

Branding Potensi Bandung Melalui Urban Village 2024

AksaraNews, Bandung (01/06/2024) — Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom telah sukses menggelar puncak acara Urban Village 2024 bertajuk “The Majestic Show of Sandyakala” yang berlangsung di Gedung Serba Guna pada Kamis (30/5). Urban Village adalah sebuah acara tahunan dari program studi Ilmu Komunikasi yang diintegrasikan dalam beberapa mata kuliah seperti Brand Activation, Integrated Marketing Communication (IMC), Manajemen Event, dan Marketing Public Relation. 

Branding Potensi Bandung Melalui Urban Village 2024
Branding Potensi Bandung Melalui Urban Village 2024

Urban Village tahun ini mengusung semangat “Spirit, Collaboration, and Action” dengan tujuan mendorong mahasiswa untuk menciptakan semangat bermasyarakat melalui kolaborasi dalam pembangunan Kota Bandung. Selain itu, festival ini diharapkan mampu memberi pengalaman serta meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang ilmu komunikasi.

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya, turut meresmikan Festival ini. Dalam pidatonya, beliau mengungkapkan apresiasi atas kontribusi mahasiswa dalam penyelenggaraan acara tersebut, “saya bangga, khususnya kepada mahasiswa Marketing Communication FKB yang telah menggelar Urban Village ini. Mereka berhasil menciptakan langkah-langkah pemasaran yang menonjolkan potensi Kota Bandung dan menggapai khalayak yang lebih luas. Ini adalah salah satu value yang luar biasa karena saya paham prosesnya sangat panjang. Bekal ini akan bermanfaat tentunya saat rekan-rekan turun ke masyarakat.”

Branding Potensi Bandung Melalui Urban Village 2024
Branding Potensi Bandung Melalui Urban Village 2024

Pembukaan dilanjutkan dengan penyerahan obor oleh Dekan Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Ibu Ade Irma Susanty, Ph.D kepada ketua panitia acara, Dhafin Hafizh, “Urban Village tahun ini dinamakan Sandyakala, di mana arti dari Sandyakala adalah sebuah guratan merah pada senja di langit cakrawala. Senja merupakan saat ternyaman untuk pulang, dan waktu ternyaman untuk bercengkrama. Dengan demikian pula, kami harap Urban Village tahun 2024 nantinya mampu menciptakan branding kota Bandung sebagai kota yang nyaman dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Alasan kami memilih kota Bandung tak lain adalah karena Bandung memiliki banyak potensi yang beragam di dalamnya.”

Dalam Urban Village Sandyakala, terdapat delapan kelas atau stan yang mempromosikan dan mewakili berbagai potensi Kota Bandung, yaitu Karasa yang mewakili Bandung sebagai ikon kota kuliner, Historoman sebagai kota bersejarah, Bandung Serenade yang menghadirkan spot-spot foto Kota Bandung (dalam hal ini mempromosikan sisi estetika Kota Bandung), Loja sebagai branding kota UMKM, Bandung Ngamumule sebagai kota musik, Ageung sebagai representasi kota metropolitan, Senjaya sebagai pusat kota seni dan karya, dan Majangdara yang menampilkan potensi tarian tradisional Benjang dan minuman tradisional Bandrek.

Selepas sambutan, acara dilanjutkan dengan runway contest yang menampilkan parade maskot dari setiap kelas. Di pertengahan acara, diumumkan juga kelas peraih penghargaan kategori Best Booth, Best Mini Event, Best Mission Games, dan Best Collaboration.

Urban Village Sandyakala juga menggaet bintang tamu band populer Tel-U untuk turut memeriahkan acara seperti Infy, Apollo, dan penampilan penutup dari Saksama Music.

 

Penulis: Syifa Uswatun Khasanah

Editor: Mahardika Yanata

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button