Brebes, Kota Rekomendasi Wisata di Provinsi Jawa Tengah

    0
    636
    Sumber Gambar : easybook.com

    AksaraFeature, Jakarta (3/1/2018) – Brebes adalah nama kabupaten yang terletak di bagian utara Provinsi Jawa Tengah. Brebes terkenal dengan kabupaten penghasil bawang merah terbesar di Indonesia, serta terkenal dengan kuliner telur asinnya. Namun tidak hanya itu saja, ternyata di Kabupaten Brebes terdapat beberapa tempat wisata yang patut kamu kunjungi dan makanan khas yang rekomendasi dicicipi saat berkunjung ke kabupaten ini. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata dan makanan khas Kabupaten Brebes.

    Desa Wisata Brebes

    Sumber Gambar : fajarindra.web.id

    Desa ini terletak di kaki Gunung Kumbang, Tepatnya di Pedukuhan Jalawastu, Desa Ciseureuh. Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Dinamakan desa wisata karena di tempat ini setiap Selasa Kliwon diadakan upacara adat budaya yang disebut Ngasa. Upacara adat Ngasa merupakan simbol syukur terhadap tuhan yang sudah dilakukan secara turun-temurun dalam kurun waktu ratusan tahun silam. Hal unik lainnya adalah seluruh rumah di desa ini menggunakan atap seng dan berdinding kayu karena penggunaan tembok dan genting yang dilarang. Selain itu, di desa ini pantang menanam bawang merah.

    Agrowisata Kaligua

    Sumber Gambar : pesonapandansari.blogspot.com

    Agrowisata Kaligua Terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sekitar 80 KM dari Kota Tegal. Di sini kita bisa melihat indahnya pemandangan dari paparan kebun teh. Jenis teh yang menjadi andalan disini adalah teh hitam. Di samping kebun teh, terdapat beberapa situs wisata menarik di sekitarnya, seperti Gua Jepang, Tuk Benih, dan Gua Angin. Fasilitas yang ditawarkan juga beragam, seperti adanya area outbond, homestay, kafe, camping ground, dan lain lain.

    Curug Putri

    Sumber Gambar : bayutelorasin.blogspot.co.id

    Curug Putri terletak di Dukuh Pandanama, Desa Mandala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Curug Putri memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Curug Putri memiliki pemandangan alami yang sangat memanjakan mata. Namun sayangnya, untuk mencapai objek wisata ini sedikit sulit, dikarenakan lokasi yang sulit dijangkau dan kendaraan belum semua bisa mengaksesnya. Disarankan menggunakan kendaraan yang kecil seperti motor jika ingin mengunjungi Curug Putri ini.

    Nasi Lengko

    Sumber Gambar : resepdanmasakan.com

    Nasi Lengko merupakan makanan khas yang dapat ditemui di Brebes. Makanan ini sangat ideal bagi pecinta makanan rendah kalori. Pasalnya, Nasi Lengko sarat dengan protein serta rendah kalori, karena bahan baku yang digunakan adalah 100% sayuran alias non-hewani. Bahan bakunya antara lain nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun, tauge, daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap manis. Biasanya kecap manis yang digunakan adalah kecap cair bukan kecap kental.

    Teh Poci

    Sumber Gambar : atlanteacafe.blogspot.co.id

    Teh Poci ialah minuman teh yang wangi, sepet, legit, dan kental yang penyajiannya menggunakan teko yang terbuat dari tanah liat dan pemanisnya memakai gula batu. Dalam budaya meminum Teh Poci biasanya dikenal istilah Wasgitel, yang memiliki kepanjangan Wangi, Panas, Sepet, Legi (manis), dan Kental. Teh ini sangat cocok dinikmati dengan makanan-makanan ringan (cemilan) kapan pun.

    Sate Blengong

    Sumber Gambar : travel.kompas.com

    Seperti namanya, Sate Blengong terbuat dari daging blengong (sejenis itik) yang disajikan bersama ketupat. Blengong adalah hasil perkawinan silang dari bebek dan mentok, sehingga teksturnya mirip daging bebek, tapi lebih lunak dan lembut saat dikunyah. Rasa itulah yang direkomendasikan wajib buat kamu rasakan ketika berkunjung ke Kabupaten Brebes.

    Penulis : Muhammad Aji Pangestu
    Editor : Hartika Imanniar