Cara Mencuci Tangan yang Dianjurkan WHO

    0
    133

    AksaraFeature, Bandung (21/03/2019) – WHO (World Health Organization) merilis beberapa langkah preventif yang bisa dilakukan untuk melawan COVID-19. Menggunakan masker bukan hal yang pertama harus dilakukan, melainkan mencuci tangan. Hal itu dikarenakan virus SARS-nCoV-2 menyebar melalui kontak antara tangan yang mengandung virus dengan mata, hidung, atau mulut. Lalu, bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar?

    Para ahli di bidang kesehatan sangat menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Mengutip dari The New York Times, dalam artikel “How to Wash Your Hands”, sabun cair lebih efektif dibanding sabun batang, namun tidak ada salahnya menggunakan sabun batang. Setelah mengetahui bahan-bahan yang harus digunakan, berikut cara mencuci tangan yang benar berdasarkan WHO:

    1. Basahkan tangan dengan air
    2. Tuang sabun secukupnya untuk menutupi seluruh area tangan
    3. Gosok kedua telapak tangan
    4. Gosok punggung tangan dan sela jari
    5. Gosok sela-sela jari dengan posisi telapak tangan berhadapan
    6. Gosok punggung jari dengan telapak tangan, posisi jari bertautan
    7. Genggam ibu jari dan gosok secara berputar
    8. Gosok ujung jari ke telapak tangan
    9. Bilas dengan air
    10. Keringkan tangan dengan tisu sekali pakai
    11. Gunakan tisu untuk mematikan keran

    Untuk keperluan pribadi, tidak perlu menggunakan tisu, bisa menggunakan kain atau handuk. Jangan lupa untuk membersihkan handuk tersebut secara berkala. Lakukan langkah tersebut selama 20 detik. Tak perlu menggunakan timer,  cukup mendengungkan lagu “Happy Birthday” dua kali.

    Selain kita tahu cara mencucinya, kita juga perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan. Waktunya adalah

    • Sebelum meninggalkan rumah,
    • Saat sampai di tujuan,
    • Sebelum dan sesudah makan atau menyiapkan makan,
    • Sebelum dan sesudah membersihkan rumah,
    • Setelah bersin atau batuk,
    • Setelah menggunakan kamar mandi atau mengganti popok,
    • Setelah menyentuh atau memberi makan hewan peliharaan.

    Jika tidak ada waktu ruang untuk menggunakan sabun dan air, hand sanitizer bisa menjadi pilihan. Hal ini karena hand sanitizer tidak seefektif sabun dan air dalam membersihkan kuman di tangan. Berdasarkan artikel yang ditulis Center for Disease Control and Prevention, hand sanitizer yang digunakan harus mengandung minimal 60% alkohol. Dengan kandungan alkohol sebesar itu bisa membuat mabuk jika beberapa suap masuk ke mulut, jadi jauhkan dari anak kecil dan pantau mereka saat menggunakannya.

    “Tanganmu membawa hampir semua kuman ke saluran pernapasan. Menjaga mereka sebersih mungkin sangat membantu,” kata Dr. Adit Ginde, profesor kedokteran emergensi di Fakultas Kedokteran Universitas Colorado, saat diwawancara The New York Times. “Ini akan secara dramatis mengurangi penularan jika orang melakukannya dengan baik,” katanya. Terus jaga kebersihan tangan, agar dirimu, teman, dan keluarga bisa terhindar dari penyakit.

    Penulis : Muhammad Arief Syahnakri Abubakar
    Editor : Iqbal Abdul Ra’uf