Cuaca Tak Menentu, Jaga Kondisi Agar Tetap Fit di Segala Suasana

    0
    378
    Sumber gambar : https://www.metoffice.gov.uk/learning/rain/facts-about-rain

    AksaraFeature, Bandung (23/1/2018) – Akhir-akhir ini cuaca di Kota Bandung sedang tidak menentu, seperti saat pagi cahaya matahari sedang terik-teriknya lalu berubah menjadi mendung dan terkadang turun hujan deras disertai petir pada sore hari. Terlebih lagi suhu udara yang menurun dan diikuti angin kencang. Hal ini membuat sebagian aktivitas mahasiswa terganggu seperti halnya sedang dalam perjalanan menggunakan sepeda motor atau bagi mahasiswa yang hendak pergi menuju kampus demi menuntut ilmu. Terkadang sebagian mahasiswa memasuki kelas dengan basah kuyup dan dapat menyebabkan kesehatannya terganggu akibat dibiarkan dalam kondisi kedinginan. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa upaya yang bisa disimak agar perkuliahan dapat berjalan dengan lancar.

    1. Selalu Persiapkan Jas Hujan atau Payung

    Membawa jas hujan atau payung terkadang membuat sebagian mahasiswa malas dikarenakan banyak memakan tempat di dalam tas ataupun jok yang berisi barang keperluan lainnya, tetapi kedua hal tersebut sangatlah penting pada saat pancaroba seperti ini. Solusinya adalah, mahasiswa dapat membawa payung lipat demi menghemat tempat di dalam tas dan melipat jas hujan sedemikian rupa agar mudah disimpan dalam jok.

    2. Perbanyak Konsumsi Vitamin

    Saat musim seperti ini tubuh mengalami penyesuaian, proses ini juga mempengaruhi sistem imun tubuh. Jika sistem imun tubuh menurun, hal tersebut juga berakibat pada kesehatan yang rentan terkena penyakit. Untuk itu, solusinya adalah rajin-rajin mengonsumsi vitamin terutama vitamin C. Vitamin C juga tidak hanya terdapat pada buah, dewasa ini banyak suplemen yang mengandung Vitamin C dan aman dikonsumsi serta harga terjangkau untuk kantong mahasiswa.

    3. Konsumsi Makanan Berkuah

    Pada musim hujan seperti ini perbanyak makan-makanan berkuah agar tetap menjaga tubuh hangat meski udara diluar begitu dingin, terdapat banyak varian makanan berkuah yang digemari sebagian masyarakat dengan harga terjangkau seperti Soto ataupun Sop.

    4. Siapkan Pakaian Tebal

    Tidak ada salahnya membawa jaket di dalam tas guna mencegah udara dingin yang bisa muncul tiba-tiba, hal ini juga bermanfaat untuk menahan beberapa penyakit di kala musim hujan seperti flu ataupun masuk angin.

                Nah, sebagian upaya diatas dapat dilakukan dengan mudah jika kalian memiliki niat untuk selalu sehat di kala musim hujan seperti ini. Agar setiap kegiatan yang anda rencanakan dapat berjalan lancar meski cuaca sedang tak bersahabat.

    Penulis : Mochammad Syafiq Hedyatna

    Editor : Milati Hanifah