Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Pati Jawa Tengah

    0
    125
    Sumber : Google

    AksaraFeature, Bandung (04/12/2020) – Kabupaten Pati adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Letaknya sangat strategis memiliki wilayah dataran rendah dan dataran tinggi yang membentang seluas 1.504 km². Sebagian besar wilayah dataran rendah dimanfaatkan penduduk untuk bercocok tanam, sedangkan wilayah dataran tinggi dimanfaatkan penduduk menanam tanaman. Wilayah selatan dai Kabupaten Pati berbatasan dengan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora yang terdapat rangkaian Pegunungan Kapur Utara. Bagian barat laut berbatasan dengan Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara terdapat perbukitan dan bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Rembang.

    Kabupaten Pati memiliki tempat wisata yang sangat indah untuk dikunjungi saat kalian ingin melepas penat akan rutinitas kalian sehari-hari. Destinasi wisata di Kabupaten sangat beragam mulai dari wisata alam sampai wisata edukasi. Berikut ini destinasi indah yang wajib dikunjungi di Pati Jawa Tengah.

    1. Hutan Pinus Pangonan

     

    Source foto : dtwjawatengah.id

    Hutan Pinus Pangonan berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini terletak di bawah kaki Gunung Muria dengan jarak tempuh dari pusat kota Pati kurang lebih 25 kilometer. Perjalanan sampai ke puncak bukit harus mendaki 1 kilometer dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek. Kalian akan disuguhkan oleh banyak perbukitan yang masih asri dan asli ketika berada disana.  Sepanjang jalur pendakian kalian akan melihat kebun tanaman kopi, buah langsep, manggis, kopi lanang dan kopi deplok banyak ditemui di Desa Gunungsari. Jangan lupa jika sampai disana untuk mengabadikan momen dengan memotret pemandangan indah tersebut.

    1. Embung Mini Jrahi
    Source foto : rzl40.blogspot.com

    Embung Mini Jrahi terletak di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal. Wisata ini merupakan waduk kecil yang memiliki luas 3200 m2, kedalaman 4 meter, serta memiliki kapasitas 11.300 meter. Embung Mini Jrahi memiliki pemandangan kolam air, rumah pohon, mini cafe, dan kebun bunga. Jika kalian ingin pergi kesana cukup mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 3.000,00 per-orang. Untuk parkir motor sebesar Rp 2.000,00 dan parkir mobil Rp 3.000,00. Kalian bisa menikmati udara segar dengan pemandangan bukit dan alam yang masih asli dan asri. Wisata ini bisa kalian jadikan pilihan untuk mengisi waktu liburan kalian.

    1. Bukit Naga Jolong
    Source foto : jateng.tribunnews.com

    Bukit Naga Jolong berada Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Daerah ini berada di kawasan Agrowisata Jolong Pati yang merupakan daerah perkebunan kopi sejak zaman penjajahan Belanda. Ketika sampai di tempat kalian bisa melihat bukit naga atau hamparan tanaman buah naga. Perkebunan ini berada di lereng Gunung Muria yang memiliki tanah yang subur hingga membuat daun pohon buah naga yang menjuntai panjang. Jika kalian kesini jangan lupa mengabadikan foto dengan teman atau keluarga karena pemandangan yang indah.

    1. Bendungan Kletek

    Bendungan Kletek berada di Desa Kletek, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati. Bendungan ini memiliki pemandangan indah dengan beragam fasilitas lainnya, dengan menggabungkan dua unsur yaitu wisata alam dan wisata rekreasi yang menghadirkan banyak permainan-permainan anak-anak hingga kolam renang. Tempat ini cocok untuk liburan bersama dengan keluarga besar sambil menikmati pemandangan dan bermain. Tiket masuk ke Bendungan Kletek terbilang sangat murah yaitu Rp 4.000,00 tetapi belum termasuk tiket untuk berenang. Yuk, ajak keluarga berwisata alam dan bermain di Bendungan Kletek ini.

    1. Tompegunung

    Tompegunung adalah tempat wisata yang menghadirkan dua bukit yang di tengahnya terdapat jalanan. Terlihat biasa, tetapi tempat wisata ini sekarang sangat populer di Kabupaten Pati. Masyarakat banyak yang berkunjung ke Desa Tompegunung Kecamatan Sukolilo ini hanya untuk mengabadikan foto di tempat ini. Kalian yang pergi kesini tidak perlu mengeluarkan biaya, hanya memerlukan google maps untuk penunjuk arah. Tunggu apa lagi, menikmati pemandangan dari atas bukit melihat panorama indah bersama dengan teman atau keluarga kalian.

    Setelah melihat rekomendasi di atas, apakah kalian sudah memutuskan untuk pergi beriwisata ke tempat-tempat wisata tersebut? Ingat, saat mengunjungi tempat wisata tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, dan mejaga jarak. Hal ini dilakukan agar kita terhindar dari virus covid-19 dan tetap berwisata dengan aman.

    Penulis: Putri Widya

    Editor: Nur Azizah Arin Putri