Direktorat Pengelolaan Mahasiswa Beri Penghargaan Atas Kinerja UKM

0
179

AksaraNews, Bandung (18/02/2020) – Setelah menjalankan satu periode kepungurusan, Bidang Kemahasiswaan memberikan apresiasi atas kinerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) melalui Awarding Night. Acara ini telah diselenggarakan pada tanggal 14 Februari 2020 oleh Direktorat Pengelolaan Mahasiswa. Perwakilan dari setiap UKM turut diundang dalam acara ini. Awarding Night tahun ini mengusung tema “The Authencity Of Glory”, yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada kepengurusan organisasi yang akan datang.

Desy Dwi Nurhandayani memberikan sambutan pembuka, sekaligus memperkenalkan diri sebagai Direktur Pengelolaan Mahasiswa periode baru. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan agenda puncak yaitu pemberian penghargaan UKM terbaik. Terdapat tiga indikator untuk menilai UKM terbaik, yaitu:

  1. Activity
  2. Prestasi dan Penelitian
  3. Kegiatan Kolaborasi

Berikut adalah daftar pemenang UKM terbaik:

  1. Bidang penalaran diraih oleh UKM Student Activities for Research and Competition Handling (SEARCH)
  2. Bidang kerohanian diraih oleh UKM Keluaraga Mahasiswa Hindu (KMH)
  3. Bidang sosial diraih oleh UKM Korps Protokoler Mahasiswa (KPM)
  4. Bidang olahraga diraih oleh UKM Taekwondo
  5. Bidang seni dan budaya diraih oleh UKM Telkom University Choir

Penghargaan juga diberikan kepada UKM Central Computer Improvement (CCI), UKM Band, UKM Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA), dan UKM Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR). UKM tersebut dinilai berhasil untuk menghasilkan inovasi dari berbagai bidang, mampu memberikan manfaat terhadap lingkungan, dan menjungjung tinggi Tri Dharma perguruan tinggi. Kategori karya mandiri diberikan kepada CCI dan UKM Band, sedangkan kategori pengabdian masyarakat diberikan kepada KMPA dan KSR.

Selanjutnya, Telkom University Choir, Rumah Gadang Telkom University, dan Three N Music turut memeriahkan malam dengan menampilkan hiburan. Memasuki penghujung acara, Andijoko Tjahjono selaku Direktur Pengelolaan Mahasiswa periode 2016 – 2020, memberikan salam perpisahan kepada mahasiswa. “Rukun, setiap apa yang dilakukan selalu minta doa restu orang tua,” ujar Andijoko.

Melalui Awarding Night ini, diharapkan kedepannya UKM akan lebih banyak mengikuti kompetisi. Tercatat 36 kompetisi telah diikuti seluruh UKM pada tahun 2019. Berdasarkan laporan kinerja UKM pada 2019, total program kerja menurun 35% dari tahun sebelumnya. “Pada tahun yang akan mendatang, diharapkan setiap UKM untuk bisa meningkatkan situs webnya sendiri,” ujar Desy.

Reporter : Raja Ilham, Birgita Natasya Ananda Setuso, dan Alifya Aisyah Ariyanto

Penulis : M. Arief Syanakhri A.

Editor : Nur Azizah Arini Putri