Disruption: Perubahan Yang Tidak Dapat Dielakkan

    0
    71
    sumber gambar: google

    AksaraFeature, Bandung (23/08/2019) – Perubahan adalah keniscayaan. Akibat adanya perubahan ini, model atau cara lama akan tergantikan dengan model baru yang lebih efisien dan efektif. Hal itulah yang ingin digambarkan oleh Rhenald Kasali dalam buku berjudul Disruption.

    Disruption adalah sebuah inovasi yang menggantikan model lama dengan memanfaatkan berbagai macam hal, baik teknologi, model bisnis, dan lain sebagainya untuk melakukan perubahan. Dalam berbagai situasi, perubahan merupakan hal yang harus dilakukan. Karena tanpa disadari, ketika berada dalam zona nyaman, kita cenderung menilai bahwa perubahan tidak perlu dilakukan, hingga akhirnya model kita akan digantikan atau ter-disrutive oleh model baru yang diinisiasi oleh kompetitor kita. Perubahan yang dilakukan akan selalu mendapat tantangan dari berbagai orang yang masih cenderung bersikap konservatif dan terus berdiam diri di zona nyaman.

    Buku ini mengajak pembacanya untuk memiliki disruptive mindset, yaitu sebuah pola pikir yang berkembang dengan kecepatan yang eksponensial. Jadi, kita dapat merespon secara cepat dengan menggunakan berbagai media komunikasi dan informasi yang terhubung kapanpun di manapun, menembus dimensi ruang dan waktu. Rhenald menuliskan bukunya dengan kritis dan mendalam, namun dengan gaya penulisan yang mudah dipahami.

    Penulis: Teguh Muflih
    Editor: Dewa Made Surya