Dosen S1 Teknik Elektro Sukses Gelar Program Pengabdian Masyarakat Bertemakan Hidroponik

0
21

AksaraNews, Bandung (10/05/2019) – Program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang biasa disebut dengan “Beban Kinerja Dosen” telah sukses diselenggarakan pada 27 April 2019. Program ini diperuntukkan kepada dosen S1 Teknik Elektro yang juga dibantu oleh beberapa mahasiswa S1 Teknik Elektro. Progtam ini merupakan program rutin yang biasanya diselenggarakan setiap satu semester untuk satu SKS (Satuan Kredit Semester). Setiap dosen berdasarkan strukturalnya harus mengikuti minimal 1 program Pengmas yang diakui melalui PPM secara bergantian dengan tema yang tak menentu.

Menurut Muhammad Ramdhani selaku dosen S1 Teknik Elektro, tanaman hidroponik berguna sekali untuk masyarakat yang memiliki lahan sempit. Ia beserta dosen lainnya berusaha untuk menawarkan sebuah sistem untuk bertanam yang dapat memenuhi kebutuhan keseharian rumah tangga. Pada intinya, output dari Pengmas ini adalah untuk ketahanan ekonomi secara Nasional. “Karena hidroponik sedang booming, kami menawarkan untuk melakukan pelatihan atau workshop di Desa Malakasari,” ujarnya.
Dalam program Pengmas ini, masyarakat akan diberikan starter kit modul mengenai hidroponik yang isinya berupa bak, net pot, kain planal, nutrisi, dan bibit. Setiap orang yang mengikuti pelatihan Pengmas ini akan diberi bantuan dengan harapan tidak hanya materi saja, tetapi juga dapat diterapkan di rumah.

Program Pengmas ini diharapkan kedepannya tidak hanya sekedar penyuluhan dan workshop saja. “Saya berharap nanti kedepannya juga ada semacam pemantauan terhadap hasil yang sudah kita coba lakukan di Desa Malakasari ini. Jadi difokuskan pada satu desa dulu untuk budaya Hidroponiknya muncul, baru setelah itu kita coba cari yang lain,” ujar Muhammad Ramdhani.

Penulis: Syavira Nur Asri

Editor: Nur Azizah Arini Putri