Buah Tangan Olahan Bandeng dari Kota Udang

    0
    766
    Sumber: benviewcottage.com

    AksaraFeature, Sidoarjo (10/01/2018) – Sidoarjo merupakan kota industri kecil yang bersebelahan dengan Surabaya. Sidoarjo terkenal akan hasil tambaknya yang melimpah seperti ikan bandeng dan udang. Tidak sedikit warga yang mata pencahariannya berasal dari hasil tambak. Selain terkenal dengan fenomena Lumpur Lapindo, Sidoarjo juga terkenal dengan budaya makan ikannya, terutama ikan bandeng yang merupakan bagian dari lambang kota ini.

    Bila berkunjung ke sidoarjo tidak ada salahnya jika mampir sejenak ke pusat oleh-oleh yang menjual berbagai masakan khas Sidoarjo. Lalu, apa saja masakan berbahan dasar ikan bandeng yang terkenal di Sidoarjo? Berikut ulasannya.

    1. Bandeng Asap
    Sumber foto: masirul.com

    Bandeng asap merupakan masakan yang paling diburu saat berkunjung ke Sidoarjo. Bandeng yang dimasak dengan cara pengasapan ini memberikan rasa yang gurih terhadap daging bandeng itu sendiri. Karena dimasak menggunakan asap, masakan ini bisa bertahan agak lama. Namun jika terlalu lama dibiarkan, daging bandengnya akan mengeras dan terasa lebih asin. Bandeng asap ini cocok dimakan dengan sambal kecap dan juga nasi hangat. Biasanya bandeng asap dijual antara Rp 20.000 – Rp 60.000 per kotaknya.

    2. Bandeng Presto

    Sumber foto: vemale.com

    Selain bandeng asap, ada juga bandeng presto yang tidak kalah terkenal. Bandeng presto ini bisa didapat dengan mudah di pusat oleh-oleh sekitar Sidoarjo. Bandeng yang dimasak dengan cara presto (dimasak menggunakan tekanan uap air bertekanan tinggi) menghasilkan daging bandeng yang lembut, bahkan tulang bandeng pun menjadi lunak dan dapat dimakan. Jadi, tidak perlu takut tertelan duri kecil saat memakan bandeng presto. Bandeng presto biasa dimakan dengan sambal, lalapan sayur dan nasi putih hangat. Bandeng presto biasanya dijual dengan harga antara Rp 15.000 – Rp 30.000 per kotaknya.

    3. Otak – Otak Bandeng

    Sumber foto: sarihusada.com

    Masakan yang satu ini tergolong unik, karena pengolahan daging bandeng yang dicincang lalu dihaluskan dan diberi rempah-rempah ini memberikan rasa yang unik dan gurih. Berbeda dengan otak-otak ikan dari kota lainnya yang disajikan dalam balutan daun pisang, otak-otak bandeng ini disajikan dengan dengan kepala dan ekor bandeng yang dibiarkan utuh. Lalu, daging yang telah dimasak menjadi otak-otak disusun lagi menjadi badan ikan bandeng. Untuk satu otak-otak bandeng utuh bisa dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 18.000 – Rp 45.000.

    4. Bandeng Bumbu Kuning

    Sumber foto: agrowindo.com

    Bandeng bumbu kuning merupakan olahan bandeng yang hampir terlihat sama seperti bandeng goreng biasa. Yang membedakannya, bandeng diberi bumbu kunyit sehingga memberikan warna kuning. Bandeng ini dijual di pasar-pasar tradisional di Sidoarjo. Bandeng bumbu kuning biasa dimakan dengan sambal dan juga aneka sayur, seperti sayur asam maupun sayur bayam.

    Nah, itulah beberapa olahan ikan bandeng yang terkenal di Sidoarjo. Ternyata, ikan bandeng dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan yang sayang bila tak dicoba. Oleh karena itu, jangan lupa membelinya saat mengunjungi Sidoarjo!

    Penulis: Ethan Mahesa M.

    Editor: Moch. Fachruddin