Featured

Gabus Pucung, Si Hitam dengan Cita Rasa Memanjakan Lidah

AksaraFeature, Bandung (16/04/2021) – Menjadi wilayah perbatasan antara DKI Jakarta dan Jawa Barat, serta lalu lintas dan tempat singgah perantauan dari luar wilayah, itulah yang menghasilkan keunikan pada ciri khas Bekasi. Salah satu hal unik yang dimiliki Bekasi dan sangat direkomendasikan untuk dapat dinikmati adalah kulinernya, yakni Gabus Pucung.

Mungkin sudah banyak orang yang familier dengan kuliner satu ini. Akan tetapi, jika membahas perihal Bekasi, kuliner ini patut untuk selalu diikutsertakan. Meski berwarna gelap dan kurang menarik perhatian, perihal rasa Gabus Pucung tidak kalah dengan kuliner lainnya. Seperti namanya, jenis ikan yang sering digunakan tidak lain dan tidak bukan adalah ikan gabus. Karena hal itulah jadi semakin menambah kesan ikonis dan uniknya, bukan?

Bahan dasar dari bumbunya pun menggunakan banyak rempah. Di antaranya ada bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan keriting, kemiri, lengkuas, kunyit, serai, jahe, daun jeruk, serta tidak ketinggalan kecap manis. Penambahan jeruk limau juga menyegarkan kuah dan menambah cita rasa semakin jos enak di lidah. Bahkan ketika sebelum digoreng, ikan gabusnya pun dimarinasi terlebih dahulu selama 1 jam dengan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan.

Apabila kalian ingin menikmati hidangan satu ini di Bekasi, kalian harus mencari rumah makan khas orang Betawi, karena Gabus Pucung cukup sulit untuk ditemukan di rumah makan biasa. Harga seporsinya pun terjangkau loh, rata-rata harganya di kisaran Rp20.000 – Rp25.000 sudah dapat menikmati satu ekor ikan gabus dengan 3-4 potongan. Terjangkau sekali untuk dinikmati bersama keluarga atau sohib nongkrong yang keuangannya sedang sekarat di akhir bulan.

Kalau kalian berkunjung ke Bekasi, jangan lupa untuk menikmati kuliner satu ini ya! Gabus Pucung si Hitam dengan Cita Rasa Memanjakan Lidah!

Penulis: Nisa Wirasyah

Editor: Tesyalonica Adriana Dewi

Related Articles

Back to top button