Gurun Pasir dan Telaga Biru-nya Bintan

    0
    451
    Sumber foto: Dokumentasi pribadi

    AksaraFeature, Bintan (7/1/2018) – Liburan semester sering dimanfaatkan untuk berkunjung ke lokasi wisata yang menarik, seperti tempat bersejarah, wisata alam, wahana air, dll. Ada banyak lokasi wisata menarik yang dapat dikunjungi di Indonesia, salah satunya adalah Pulau Bintan yang berada di provinsi Kepulauan Riau. Bintan memiliki banyak wisata alam berupa pantai serta hutan mangrove, dan yang tak kalah bagusnya adalah Gurun Pasir dan Telaga Biru.

    Sumber foto: backpackerindonesia.com

    Gurun Pasir dan Telaga Biru Bintan terletak di Desa Busung, Kecamatan Sri Kuala Lobam. Lokasi ini dapat ditempuh dari kota Tanjung Uban menuju Desa Busung atau dari Tanjung Pinang dengan jarak 47 kilometer. Letaknya yang strategis berada di pinggir jalan membuat akses menuju tempat tersebut sangat mudah. Gurun Pasir dan Telaga Biru Bintan bukanlah hasil alam sepenuhnya, melainkan hasil dari tambang galian bauksit yang dikelola oleh sebuah perusahaan pertambangan dan berhenti pada tahun 2013. Kemudian, masyarakat sekitar mengubah bekas tambangan tersebut menjadi tempat wisata. Saat pertama dibuka, pengunjung dikenakan biaya masuk untuk menikmati tempat wisata tersebut. Namun, seiring bertambahnya keramaian pengunjung membuat biaya masuk dihilangkan dan hanya dikenakan biaya parkir saja.

    Di Gurun Pasir tersebut terdapat replika unta dan kapal nelayan yang sering dijadikan spot foto serta penyewaan kendaraan ATV (all-terrain vehicle). Sedangkan fasilitas di danau terdapat rakit dan kano yang bisa disewa untuk berkeliling danau serta pondok di tepian danau yang dapat digunakan untuk bersantai sembari menikmati suasana. Di sekitar lokasi danau juga terdapat penjual makanan dan minuman. Setelah menikmati wisata alam, pengunjung juga dapat menikmati wisata kuliner yang dijual oleh masyarakat sekitar seperti gonggong rebus, ikan bawal dan teh tarik.

    Gurun Pasir dan Telaga Biru adalah salah satu dari sekian keindahan alam yang dapat anda nikmati jika berkunjung ke Pulau Bintan. Oleh karena itu, selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan ketertiban agar tetap lestari, ya!

    Penulis: Mochammad Syafiq Hedyatna

    Editor: Moch. Fachruddin