Headline

iGracias Mobile Dinonaktifkan, Aplikasi dalam Proses Pembaruan

AksaraNews, Bandung (12/2/2019) – iGracias Mobile merupakan aplikasi berbasis Android dari iGracias versi website yang dapat digunakan oleh civitas academica Tel-U. Direktorat Sistem Informasi (Sisfo) Telkom University menjadwalkan pembaruan terhadap iGracias Mobile. Pembaruan tersebut berakibat dinonaktifkan layanan iGracias Mobile untuk sementara waktu sejak Agustus 2018 lalu. Banyaknya spam dan penjebolan data yang terjadi membuat pihak Sisfo menekankan kepada peningkatan keamanan dalam pembaruan aplikasi tersebut.

Sisfo berharap oknum-oknum yang melakukan penjebolan data tersebut dapat memberikan feedback. “Misalnya, Anda nih, seseorang yang bisa mengambil data tanpa melalui jalur yang benar. Kasih tahu ke kita, jadi semacam white head hacker, gitu ya. Jadi memberi informasi, oh ini datanya bisa jebol, nih. (Supaya kita) Perbaiki,” ujar Irfan, selaku Unit Riset dan Pengembangan Aplikasi Direktorat Sistem Informasi. 

Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2018, Annisa Mayang Sekar, beharap iGracias Mobile dapat menjadi aplikasi yang lebih praktis. “Kalau bisa menu-menunya selengkap yang di web ya. Terkadang malas juga membuka web, makanya download yang mobile. Tapi kalau masih kurang lengkap gitu kan masih harus bolak-balik buka web,” tambahnya. Menjawab hal itu, Irfan menjelaskan bahwa aplikasi iGracias Mobile harus memiliki fitur yang sama dan bahkan lebih bagus jika dibandingkan dengan iGracias versi web. Sehingga, diestimasikan pada April nanti akan dilakukan percobaan perilisan aplikasi iGracias Mobile versi terbaru. Sementara perilisan resmi akan dilakukan pada Agustus 2019.  

Harapan akan pembaruan iGracias Mobile juga diberikan oleh Dian Rezky Wulandari, mahasiswa jurusan Teknik Komputer angkatan 2018. Dia berharap adanya fitur tambah teman pada iGracias Mobile. Fitur tersebut diharapkan dapat menyajikan informasi dari tiap pengguna untuk mengetahui siapa yang hendak dan sudah berteman melalui aplikasi tersebut. Dian juga berharap proses pemuatan (loading) pada saat membuka iGracias Mobile tidak terlalu memakan banyak waktu. 

Ketersediaan iGracias Mobile untuk pengguna Android juga memunculkan harapan bagi para pengguna iOS, seperti, Dhiya Salshabilla Putri Zuheri. Mahasiswa jurusan Teknik Telekomunikasi angkatan 2018 ini berharap, dalam versi terbaru iGracias Mobile pengguna iOS juga dapat menikmati aplikasi tersebut seperti pengguna Android. Dhiya berpendapat bahwa keberadaan iGracias Mobile akan mempermudah aktivitas perkuliahan, seperti: melihat jadwal, melihat presensi, melihat nilai, dan lain-lain. 

Menanggapi hal itu, Irfan menyatakan bahwa kehadiran iGracias Mobile yang hanya tersedia bagi pengguna Android, mengacu pada catatan dari server yang digunakan untuk mengakses iGracias versi web. Berdasarkan catatan server tersebut, pengguna Android mendominasi, karena itu Sisfo hanya meluncurkan iGracias Mobile berbasis Android saja. Irfan menambahkan, jika terdapat banyak permintaan dari pengguna iOS, tidak menutup kemungkinan bahwa iGracias Mobile akan tersedia juga untuk iOS. 

Selain itu, Irfan juga mengatakan bahwa mahasiswa dapat mempergunakan fitur submit ticketing di iGracias untuk menyampaikan segala jenis masukan maupun keluhan. “Jadi, kalau misalnya mereka butuh versi mobile, ngga apa-apa, submit saja (keluhan) mahasiswa sebanyak-banyaknya ke situ. Karena kita akan melihat respon dari situ,” tutup Irfan.

 

Penulis            : Dhitiya Atika Susilahwati

Editor              : Falaah Saputra Siregar

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button