FeaturedInfo Maba

iGracias Sebagai Layanan Informasi di Kampus Telkom

AksaraFeature, Bandung (12/09/2021) – Integrated Academic Information System atau yang biasa disebut dengan i-Gracias merupakan sebuah sistem informasi akademi yang dapat membantu civitas academica seperti mahasiswa/i, dosen, pegawai hingga orang tua dari mahasiswa/i yang berkuliah di Telkom University. i-Gracias akan menjadi wadah yang akan menyediakan layanan terkait kebutuhan akademik maupun non-akademik. i-Gracias sendiri menggunakan system single-sign-on yang mana hanya dengan satu akun, user akan dapat menggunakan berbagai fitur maupun aplikasi yang sudah disediakan.

Apa saja fitur-fitur yang ada di i-Gracias? Yang pertama disini ada i-Gracias akademik yang mana hanya akan memberikan layanan kepada penggunanya dalam ruang lingkup akademik saja. Berikut ini list dari fitur yang akan sering digunakan oleh maba maupun seluruh mahasiswa/I Telkom University,

    • Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru 

Yang pertama yaitu fitur untuk penerimaan mahasiswa baru yang dapat diakses online oleh orang yang terlibat dalam penyelenggaraan dan semua mahasiswa baru yang telah resmi diterima menjadi bagian dari Telkom University akan diarahkan untuk membuat akun i-Gracias sebagai step awal. 

    • Aplikasi Pembayaran 

Yang kedua ada fitur yang wajib untuk digunakan setiap semester ajaran baru, yaitu fitur untuk melakukan pembayaran studi mahasiswa/i. di fitur ini kitab bisa melihat detail pembayaran kuliah serta keterangan dari pembayaran tersebut.

    • Aplikasi Registrasi 

Yang ketiga ini juga merupakan fitur yang akan selalu dikunjungi setiap semester ajaran baru. Fitur registrasi merupakan fitur yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan informasi proses registrasi seperti penawaran mata kuliah, penjadwalan, penyusunan rencana studi (pengambilan matakuliah serta pengisian kuesioner), perwalian, generate tagihan maupun pembayaran biaya studi.

    • Aplikasi Presensi 

Selanjutnya ada fitur Presensi yang mana fitur ini akan  digunakan untuk proses presensi perkuliahan, tidak hanya itu, mahasiswa/i juga sekaligus dapat mengecek presensi kehadiran mereka di setiap kelasnya. 

    • Aplikasi E-Learning 

fitur eLearning tau yang biasa disebut LMS (Learning Management System) yang terintegrasi pada iGracias menggunakan sistem Single Sign-On (SSO) dengan pemanfaatan API (Application Programming Interface). Di LMS sendiri akan menjadi tempat mahasiswa/I untuk belajar sehari-hari selama masa pandemic ini. Di dalamnya sudah tertera materi, tugas, hingga kuis yang sudah disediakan oleh dosen mata kuliah masing-masing.

    • Aplikasi Nilai 

Fitur ini digunakan untuk para dosen mengelola nilai yang bertujuan untuk menyandarkan komponen penilaian hingga pengukuran nilai mutu (nilai standar) mahasiswa. Dan untuk mahasiswa/I dapat memantau nilai yang sudah diinput oleh setiap dosen pada fitur ini.

    • Aplikasi Manajemen Survey 

Lalu ada fitur yang biasanya selalu ada disetiap menjelang akhir semester yaitu Survey! Fitur ini sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola survey yang ditunjukkan kepada mahasiswa/I sebagai bahan evaluasi atau untuk kepentingan survey lainnya.

i-Gracias sendiri tidak hanya digunakan di Telkom University saja, melainkan tersebar ke banyak lembaga pendidikan Telkom lain, meliputi Institut Telkom di Purwokerto, Surabaya, dan Jakarta, serta digunakan juga di sekolah-sekolah di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (Telkom School) yang tersebar di seluruh tanah air. Namun, setiap institusi menggunakan i-Gracias dengan sistem yang dimiliki masing-masing.

 

Penulis : Anna Syabilla

Editor : Iqbal Abdul Ra’uf

Related Articles

Back to top button