Ingin Kurangi Kemacetan? Yuk, Mulai Jalan Kaki

    0
    598
    Berjalan kaki merupakan salah satu cara mengurangi kemacetan yang terjadi di area Telkom University. Selain itu, berjalan kaki juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat mengurangi stres. (Sumber gambar: carasehat123)

    AksaraNews, Bandung (04/02/2017) – Dewasa ini, kemacetan yang terjadi di Bandung, khususnya di area Telkom University tetap menjadi momok karena tidak ada pembenahan. Setiap bagian yang terlibat, mulai dari pemerintah pusat, pihak universitas, hingga mahasiswa mempunya peran penting untuk mengurai kemacetan yang ‘katanya’ semakin menjadi-jadi. Faktor utama kemacetan adalah tingginya angka penggunaan kendaraan pribadi. Sebagai mahasiswa yang cerdas, kita harus bisa mengendalikan jumlah volume kendaraan di area Telkom University. Tidak mungkin sebagai mahasiswa kita melakukan pelebaran jalan dan tidak mungkin pula sebagai mahasiswa kita menambahkan jumlah angkutan umum. Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

    Sebagai mahasiswa kita bisa membantu pemerintah dan pihak kampus untuk  mengurai kemacetan dengan menggunakan kendaraan umum atau berjalan kaki. Opsi berjalan kaki adalah pilihan yang tepat bagi para mahasiswa yang bermukim tidak jauh dari kampus. Jangan pikir berjalan kaki hanya akan menguras energi, sebenarnya berjalan kaki memiliki banyak manfaat bagi yang melakukannya. Apa saja kira-kira manfaat dari berjalan kaki? Berikut uraiannya.

    • Mengurangi kemacetan dan polusi

    Dengan berjalan kaki, maka kita membantu mengurangi angka penggunaan kendaraan. Di mana kendaraan adalah faktor utama kemacetan yang terjadi di mana-mana, khususnya di area Telkom University. Tidak menggunakan kendaraan juga membantu mengurangi polusi yang dihasilkan oleh sisa pembakaran kendaraan.

    • Baik untuk jantung dan kolesterol

    Menurut studi, jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat jantung. Hal itu berdampak baik untuk menurunkan kemungkinan seseorang terkena masalah jantung. Tidak hanya itu, berjalan kaki juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

    • Menurunkan berat badan

    Dengan berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari ternyata bisa membakar kira-kira 150 kalori. Semakin cepat langkah kaki, maka akan semakin banyak kalori yang terbakar. Tapi ingat, untuk poin ini pola makan sehat juga sangat dibutuhkan.

    • Mengurangi stress

    Dengan berjalan kaki maka endorfin akan terpicu, endorfin sendiri memiliki fungsi membuat mood akan merasa lebih baik dan menekan rasa cemas atau depresi.

    • Fondasi untuk hidup sehat

    Dengan berjalan kaki secara rutin maka hal itu akan meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai kelainan dan penyakit tulang. Maka tak heran berjalan kaki secara rutin  adalah fondasi bagi setiap orang dalam menjalankan hidup sehat.

    Uraian di atas hanya sebagian kecil manfaat dari berjalan kaki. Selain untuk mengurangi volume kendaraan yang menjadi penyebab kemacetan, berjalan kaki juga memberikan manfaat tubuh yang sehat. Yuk, mulai sekarang mulai budayakan untuk jalan kaki. (YVN)