Headline

Intip Hangatnya Suasana Ramadan di Telkom University

AksaraNews, Bandung (18/04/2022) – Setelah penantian selama satu tahun penuh, bulan Ramadan hadir dan disambut dengan sukacita oleh seluruh umat muslim di dunia. Euforia Ramadan juga tergambar jelas di lingkungan Telkom University.

Hangatnya suasana Ramadan di Telkom University juga tidak luput dari kehadiran sebuah organisasi religius, yaitu Pejuang Ramadan Iduladha Telkom University (PRADA). PRADA hadir untuk mengadakan serangkaian kegiatan untuk menyambut Ramadan hingga Iduladha berlangsung. Salah satu sorotan utama dari acara yang diselenggarakan oleh PRADA adalah kegiatan buka bersama serta salat tarawih berjamaah. Walaupun hal tersebut selalu dilaksanakan setiap tahun, tetapi antusiasme Ramadan di Telkom University selalu tinggi dan tidak pernah lesu, hal ini tergambar dari banyaknya jumlah jamaah hadir untuk salat tarawih.

“Sebenarnya kos-kosan aku tuh deket sama masjid, tapi aku punya perspektif kalau mau khusyuk ibadahnya kali ini di bulan Ramadan, ya harus cari tempat yang terbaik. Aku memilih untuk salat di masjid ini karena bacaannya bagus dan bisa recharge energi kita. Ya, walaupun agak lama tapi gapapa. Terus, karena kebetulan aku anak rantau dan gak bisa Bahasa Sunda, dan rata-rata ceramah di sini itu pake Bahasa Sunda. Memilih (ibadah) di sini karena nasional, di sini pake Bahasa Indonesia.” Ujar Alifa, mahasiswi Fakultas Ilmu Terapan angkatan 2019. Alifa mengikuti kegiatan buka bersama hingga melaksanakan salat tarawih berjamaah di Masjid Syamsul Ulum.

Hal serupa juga disampaikan oleh Tiwuk Ria Lestari, salah satu pantia PRADA. “Kalau untuk buka, yang di Masjid Syamsul Ulum itu sekitar 60-70 paket (perhari). Kalau untuk yang di luar, yang kami bagikan ke warga hingga saat ini sudah mencapai sekitar 7000 paket.”

Bukan hanya sekadar kegiatan buka bersama dan salat tarawih berjamaah, panitia PRADA juga mengadakan berbagai aktivitas positif untuk mengisi bulan suci Ramadan, di antaranya adalah webinar dengan berbagai topik kajian, berbagi takjil dan sembako bagi warga sekitar, dan mengadakan berbagai macam lomba. PRADA menggunakan tagline “Mendatangkan Kebaikan”, serta memiliki tujuan mulia untuk mendatangkan banyak kebaikan untuk semua orang. Hal tersebut tercermin dari target program kerja mereka, yaitu menyalurkan 21.000 paket berbuka, 3.000 paket takjil, 1.200 paket sembako, hingga pemberdayaan UMKM sekitar Telkom University. Keluarga besar Telkom University yang berkenan untuk berpartisipasi dalam menyukseskan rangkaian acara dapat memberikan donasi atau turut andil secara langsung dengan membantu persiapan kegiatan buka bersama dan salat tarawih berjamaah di Masjid Syamsul Ulum atau kegiatan berbagi paket sembako.

Salah satu ibadah lainnya yang biasa dilakukan saat bulan Ramadan adalah membayar zakat, infak, dan sedekah. Untuk menunaikan ibadah ini, masyarakat di lingkungan Telkom University tidak perlu kebingungan karena Masjid Syamsul Ulum memiliki suatu lembaga yang bergerak untuk menerima serta menyalurkan zakat, yaitu LAZIS Syamsul Ulum. Kegiatan penyaluran zakat, infak, dan sedekah dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi booth yang ada di Masjid Syamsul Ulum, namun jika kesulitan untuk datang langsung dapat melakukan penyaluran dengan mengunjungi akun instagram @lazissu yang telah memberikan rincian tata cara secara detail.

 

Penulis: Iswara Wisari dan Kayyisa Zulfa

Editor: Zida Naela Salsabilla

Related Articles

Back to top button