Kegiatan yang Dapat Dilakukan di Rumah Selama Pandemi

    0
    47
    Sumber: Google

    AksaraFeature, Bandung (4/12/2020) – Salah satu cara menekan penyebaran virus corona adalah dengan melakukan social distancing. Hal tersebut juga dihimbau oleh pemerintah melalui surat dari BNPD (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Terkait himbauan dari pemerintah tersebut menyebabkan kita tidak mempunyai kegiatan diwaktu senggang selain melaksanakan kewajiban kita sebagai pelajar. Akan tetapi, banyak kegiatan yang bisa dilakukan dirumah. Lantas kegiatan apa saja yang bisa dilakukan ketika waktu senggang dirumah? Yuk,disimak!

    1. Olahraga

    Sekian banyaknya aktivitas yang kita lakukan, seringkali kita melupakan olahraga. Tak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga bermanfaat juga dalam melancarkan sistem peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, kita bisa berolahraga ringan seperti workout, yoga, dan skipping.

    1. Perawatan diri

    Wabah virus corona membuat kegiatan sehari hari kita  terhambat dan akan membuat kita mudah terkena stress dalam menghadapinya. Namun, pada saat seperti ini, kita bisa menghilangkan stress itu dengan melakukan perawatan diri. Dimulai dari menjaga kebersihan tubuh seperti mandi dua hari sekali dan memakai masker wajah. Hal-hal kecil ini bisa membuat tubuh menjadi bersih dan meningkatkan rasa percaya diri.

    1. Menonton film/series

    Bentuk mengkarantina diri pada situasi seperti ini salah satunya dengan menonton film atau series. Hal ini bisa menjadi pilihan yang menarik setelah kita melakukan kewajiban kita yaitu belajar. Meskipun mempunyai waktu senggang yang sangat banyak, kita harus tetap memperhatikan waktu untuk tidak menonton hingga dini hari, karena hal tersebut bisa menurunkan sistem imun dan membuat mata sakit setelah berjam-jam menatap layar ponsel atau laptop.

    1. Membuat prakarya

    Membuat suatu prakarya selain bisa menghilangkan rasa penat, bisa juga meningkatkan kreativitas seseorang. Sekarang adalah masa yang tepat untuk membuat suatu prakarya agar tidak jenuh saat berada di rumah saja. Semua bisa dilakukan cukup hanya dengan mengandalkan barang barang bekas yang ada dirumah. Contoh prakarya yang bisa kita buat seperti membuat pot bunga dari botol bekas.

    5. Membaca buku

    Kita bisa mengisi waktu dengan memperbanyak gerakan literasi. Dengan membaca buku, selain mendapatkan maanfaat literasi dalam  kemampuan membaca buku, tetapi juga dapat  menambah kosa kata, keterampilan, dan kemampuan berpikir kritis. Maka dari itu, kita sebagai mahasiswa harus lebih banyak membaca buku agar bisa memecahkan sebuah masalah dengan kita berpikir kritis.

    6. Beres-beres rumah

    Jika terlalu malas untuk membaca buku dan berolahraga, ada kegiatan yang lebih mudah dan bermanfaat yang bisa kita lakukan yaitu membereskan rumah. Walaupun terdengar sederhana, ternyata dengan membereskan rumah kita tidak mudah terkena stress dan menjadi lebih aktif bergerak. Tanpa kita sadari membereskan rumah bisa menjadi alternatif lain sebagai pengganti olahraga.

    7. Masak-memasak

    Masak-memasak adalah kegiatan yang tepat disaat seperti ini. Kegiatan ini akan mengurangi rasa bosan dan penat kita selama berminggu-minggu dirumah. Selain itu, memasak makanan sendiri dirumah akan jauh lebih higienis daripada membeli makanan diluar. Saat mengkonsumsi makanan yang higienis dan makan secara teratur maka asupan nutrisi kita terpenuhi, dengan begitu membantu menjaga kekebalan tubuh.

    Demikian beberapa kegiatan dirumah yang bisa kita lakukan. Tentunya kegiatan tersebut dilakukan setelah melakukan kewajiban utama.  Jangan lupa makan makanan bergizi, hindari keramaian, dan jangan terlalu cemas karena wabah yang tak kunjung usai. Cemas berlebihan akan menimbulkan stress yang bisa menyebabkan sistem imun menurun. Selamat mencoba!

    Penulis: Shinta Permatasari

    Editor: Falaah Saputra Siregar