Headline

Apa Kabar Renovasi Student Center?

AksaraNews, Bandung (30/01/2018) – Proses renovasi Student Center masih terus berlangsung. Renovasi yang dimulai sejak bulan November 2017 ini memasuki tahap renovasi fisik. Pada tahapan ini, semua titik yang direncanakan telah dikerjakan. Hal itu dapat dilihat pada bentuk depan Student Center yang mulai terlihat dan ruangan yang dibutuhkan juga telah dikerjakan. Proses pelaksanaan renovasi ini tidak lepas dari kerja sama dengan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sebelumnya menempati sekretariatnya di Student Center. Selama proses renovasi ini, UKM yang berada di Student Center dipindah sementara di titik-titik yang telah disediakan.

Menurut Andijoko Tjahjono, selaku Direktur Pengelolaan Mahasiswa, proses renovasi Student Center ini dikerjakan oleh PT Bhakti Unggul Teknovasi (BUT) dan dilaksanakan dalam dua tahap. Hal ini berkenaan dengan permintaan dari pihak universitas yang menginginkan proses renovasi ini berlangsung dalam dua tahapan. Penentuan adanya dua tahapan ini juga berdasarkan anggaran dana yang diberikan yayasan dalam proses renovasi.

“Renovasi Student Center ini terdiri dalam dua tahap. Pada tahap pertama, pekerjaan yang dilakukan adalah hal basic seperti persiapan, perbaikan dan penataan ruangan yang dibutuhkan. Sementara itu, pekerjaan dalam tahap kedua yang dilakukan adalah finishing termasuk pengisian furniture yang dibutuhkan pada common space yang dapat digunakan untuk berkumpul mahasiswa. Adanya dua tahap ini karena proses renovasi Student Center bersifat multiyears yaitu pendanaan tidak dalam satu waktu. Untuk dana yang dibutuhkan pada renovasi ini totalnya  Rp4.000.000.000,00, untuk tahap pertama dana yang digunakan sekitar Rp1.800.000.000,00 hingga Rp2.000.000.000,00, sedangkan sisanya dipergunakan untuk tahap kedua” ungkap Andijoko.

Disinggung mengenai kapan tepatnya proses renovasi Student Center ini akan selesai, pihaknya belum dapat memastikan. Diharapkan proses renovasi akan rampung pada tahun 2018. Hal ini dikarenakan proses pengerjaan tahap satu direncanakan dapat selesai pada bulan Februari mendatang.

“Beberapa bagian Student Center sudah dapat digunakan apabila pengerjaan tahap pertama telah selesai. Mengenai kapan dimulainya pengerjaan tahap kedua belum dapat dipastikan. Hal ini dikarenakan masih harus berkoordinasi dengan logistik Telkom University dan logistik Yayasan Pendidikan Telkom” jelas Andijoko.

Sementara itu, dapat diketahui bahwa sekretariat UKM tidak hanya berada di Student Center saja. Namun, ada beberapa UKM yang menempati sekretariatnya di belakang Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Menurutnya setelah renovasi Student Center rampung, sekretariat UKM yang berada di sana akan dipindahkan ke Student Center.

“Mengenai sekretariat yang ada di belakang FKB dan FEB akan dipindahkan ke Student Center. Hal ini dikarenakan disana terdapat loker penyimpanan barang yang dapat digunakan. Sedangkan alih fungsi dari sekretariat tersebut setelah mereka pindah diserahkan kembali kepada fakultas mengenai pengelolaannya” tutup Andijoko.

Penulis :  Dennis Retno Widyastuti

Editor   :  Moch. Fachruddin

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button