Headline

Kilas Balik 2 Tahun Pandemi dalam Rangkaian Pameran Foto “731’’ oleh PFI Bandung

AksaraNews, Bandung (08/03/22) – Setiap karya seni pasti memiliki satu hingga beberapa makna di dalamnya. Tak ayal, ada banyak karya seni yang muncul dengan latar belakang suatu momentum yang telah terjadi atau bahkan sedang berlangsung. Seperti halnya dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bandung, organisasi tersebut mempersembahkan pameran foto jurnalistik bertitel “731’’ yang dilaksanakan di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung.

Sesuai judulnya, 731 direpresentasikan sebagai jumlah hari yang terhitung sejak pandemi hadir dan merajalela di Bumi Pertiwi ini. Motif pelaksanaan kegiatan tersebut didasari atas keinginan PFI Bandung untuk mengapresiasi perjuangan rakyat Indonesia terutama bagi mereka pejuang di garda terdepan, khususnya di Jawa Barat, dalam menghadapi wabah Covid-19. Di samping itu, Pameran 731 pun diselenggarakan untuk memperingati khalayak jika pandemi belum usai. Maka secara tersurat, Pameran 731 turut memberikan pesan bernada optimis bahwa ‘badai pasti berlalu’ dengan harapan pesan tersebut dapat menyugesti masyarakat luas.

Adapun kategori foto yang dipublikasikan oleh Pameran 731 ini meliputi 57 foto tunggal dan 4 foto cerita hasil karya dari 15 pewarta foto dari berbagai media massa selaku anggota organisasi pers di PFI Bandung. Variasi foto tersebut mengisahkan bagaimana riwayat dinamika pandemi Covid-19 di Jawa Barat. Segala bentuk perjuangan, dukacita, hingga penyesuaian berbagai aspek selama pandemi ini dipertontonkan melalui aksi pameran foto jurnalistik 731.

Mengenai rangkaian acaranya, PFI Bandung menetapkan tanggal 2 Maret 2022 sebagai tanggal pembukaan Pameran 731 yang berlokasi di Gedung Indonesia Menggugat. Kemudian disusul oleh kegiatan roadshow pameran di Kiara Artha Park selama 6 hari yang dimulai dari tanggal 9-15 Maret 2022. Sebagai penutupan acara, PFI Bandung juga melaksanakan diskusi jurnalistik dengan tema “Peran Pewarta di Masa Pandemi’’ yang menghadirkan berbagai pembicara dari berbagai organisasi pewarta di Bandung. Kegiatan tersebut bertempat di Hallwayspace, Kosambi, Bandung.

Pameran foto jurnalistik “731” dibuat untuk mengapresiasi perjuangan rakyat Indonesia terutama bagi mereka yang berjuang pada garda terdepan dalam menghadapi wabah Covid-19 dan juga mempertontonkan kembali bagaimana riwayat dinamika yang kita hadapi selama pandemi Covid-19.

 

Penulis: Charissa Zahra

Editor: Putri Legia Damayanti

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button