Kolaborasi Pengabdian Masyarakat antara Dosen dan Mahasiswa S1 Teknik Elektro di Pesantren Al-Amanah Bertemakan Tanaman Hidroponik

0
122

AksaraNews, Bandung (17/10/2019) – Telah berlangsung pengabdian masyarakat (Pengmas) oleh dosen dan mahasiswa S1 Teknik Elektro Telkom University. Pengmas sendiri menjadi salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, terkhususnya itu peran dosen sebagai pendidik dituntut untuk dapat berkiprah dalam masyarakat dengan ilmu pengetahuannya. Pada pengabdian masyarakat tahun 2019 periode 2 ini, tim dosen dan mahasiswa yang dipimpin Mohamad Ramdhani mengambil tempat di Pesantren Al Amanah Desa Malakasari Dayeuh Kolot Bandung. Dengan bertemakan budidaya tanaman hidroponik, Mohammad Ramdhani selaku dosen program studi S1 Teknik Elektro Telkom University menyatakan, “Pesantren ini memerlukan sebuah usaha untuk dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para santrinya, dengan melakukan upaya budidaya tanaman hidroponik yang bisa dilakukan di area dengan lahan sempit.”

Hidroponik adalah sistem budidaya tanaman dengan air sebagai medianya, jadi tidak diperlukan tanah seperti bercocok tanaman secara konvensional. Hanya dengan lahan yang terbatas, sistem Hidroponik dapat menjadi alternatif dalam bertanam dan memenuhi kebutuhan keseharian rumah tangga. 

Pada program ini, selain transfer knowledge berupa penyuluhan tentang bagaimana melakukan budidaya tanaman hidroponik, terdapat juga diserahkan sejumlah starter kit: peralatan sederhana bercocok tanam hidroponik berupa baki, net pot, rockwool, nutrisi, dan bibit. Terdapat juga pendampingan dari tim yang selalu melakukan monitoring tentang budidaya hidroponik. 

Setelah penyuluhan, diharapkan para santri dan pengelola pesantren dapat melakukan budidaya hidroponik secara mandiri dan dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan jangka panjang.

Penulis: Yasinta Darin
Editor: Dewa Made Surya