Opini

Kualitas dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Akreditasi Program Studi di Telkom University

AksaraNews, Bandung (08/04/2022) – Telkom University merupakan Perguruan Tinggi Swasta pertama yang meraih akreditasi unggul berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 407/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/2021 tahun 2021. Hal ini membuktikan bahwa akreditasi, mutu, dan kualitas yang ada di Telkom University sudah sangat baik dan melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Saat ini, Telkom University memiliki 37 program studi dari 7 Fakultas. Namun, tidak semua jurusan yang ada di Telkom University memiliki akreditasi yang sama. Terdapat beberapa jurusan  yang masih memiliki akreditasi rendah atau bahkan belum terakreditasi. Di antaranya adalah D4 Teknologi Rekayasa Multimedia dengan akreditasi C dan S1 Teknik Biomedis yang belum memiliki akreditasi hingga saat ini.

“Awalnya terkejut bisa serendah itu akreditasi jurusan saya. Namun, setelah mengetahui alasan di baliknya selain karena jurusan baru. Tidak terlalu terkejut lagi kalau jurusan saya mendapat C. Dibandingkan dengan industri game zaman sekarang, jurusan saya masih kurang berani untuk mengakui kalau jurusan kita kekurangan jauh dari sumber daya atau dana, yang akan sulit beradaptasi atau mengejar ke industri game zaman sekarang.” Ujar Daffa Shiddiq Al-Fajri, mahasiswa D4 Teknologi Rekayasa Multimedia angkatan 2020.

Ia berharap agar akreditasi D4 Teknologi Rekayasa Multimedia bisa meningkat dengan alasan agar prospek kerja di masa yang akan mendatang lebih luas dan menghilangkan stereotip orang-orang terhadap jurusan yang berakreditasi rendah.

Anugra Rizky, mahasiswa S1 Teknik Biomedis angkatan 2021 pun menambahkan “Mengingat bahwa Teknik Biomedis Telkom University sendiri masih baru saya cuma bisa berharap kedepannya semoga mendapat akreditasi terbaik dari pihak terkait.”

Kedua jurusan tersebut, D4 Teknologi Rekayasa Multimedia dan S1 Teknik Biomedis merupakan jurusan baru di Telkom University sehingga akreditasi yang diraih masih terbilang rendah. Namun, Telkom University juga memiliki banyak jurusan yang sudah terakreditasi unggul, diantaranya S1 Administrasi Bisnis dan S1 Informatika.

Menanggapi kesenjangan akreditasi yang ada pada Telkom University, Daffa mengatakan bahwa D4 Teknologi Rekayasa Multimedia tidak memiliki potensi sama sekali untuk menaikan akreditasinya, “Mungkin ada, tapi tidak langsung ke A, melainkan B. Masih banyak yang perlu dibenahi,” ungkapnya.

Sementara itu, Icha Sofia Purwandari, S1 Administrasi Bisnis angkatan 2021 berpandangan bahwa jurusan S1 Administrasi Bisnis yang sudah terakreditasi unggul memang pantas digelar karena ia merasa kualitas dari sistem pendidikan di Telkom University dan lingkup program studi S1 Administrasi Bisnis sudah efektif serta memiliki tenaga pendidik yang kompeten.

Salah satu mahasiswa S1 Informatika angkatan 2021, Ari Rayhan, memiliki pendapat yang serupa, “Saya mendapatkan materi pembelajaran dengan baik serta tenaga pengajar yang baik dan menurut saya itu sudah terwujud dengan baik.”  Ari Rayhan juga menambahkan bahwa memiliki akreditasi unggul merupakan hal yang sangat penting karena dengan demikian dapat menentukan jaminan mutu dan kualitas dari jurusan tersebut.

Harapan baik tentunya untuk program studi yang ada di Telkom University yang masih berakreditasi rendah atau bahkan belum memiliki akreditasi dapat segera memiliki akreditasi yang memuaskan sehingga tidak lagi adanya kesenjangan akibat ketidakpuasan dalam proses pembelajaran. Seperti yang diungkapkan oleh Anugra, “Harapannya semoga Teknik Biomedis mendapatkan akreditasi terbaik karena, akreditasi itu merupakan cerminan suatu program studi terhadap kualitas mahasiswa dan pengajarannya.”

 

Penulis : Bella Hutauruk dan Zida Naela Salsabilla

Editor : Yeni Octaviani

Related Articles

Back to top button