Membangun Karakter Mahasiswa Melalui Asrama Telkom University

    0
    94

    AksaraFeature, Bandung (27/07/2019) – Telkom University menunjang berbagai fasilitas untuk mahasiswanya, salah satunya adalah disediakan asrama untuk mahasiswa yang baru memasuki masa pembelajaran di Telkom University. Asrama Telkom Univeristy berada di dalam kawasan kampus dengan jumlah 10 gedung asrama putra dan 8 gedung asrama putri dengan kuota sekitar 6700 mahasiswa. Fasilitas yang didapatkan mahasiswa antara lain adalah kasur beserta seprai, bantal, guling, meja belajar, lemari, kamar mandi, dan dispenser. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan fasilitas tambahan yang bisa digunakan bersama yaitu ruang kumpul yang dilengkapi sofa, meja, dan televisi, dan pantry.

    Menurut Andijoko Tjahjono, selaku Direktur Pengelola Mahasiswa, asrama dibuat sebagai salah satu pilar pendidikan karakter mahasiswa. Kehidupan di asrama mengajarkan mahasiswa untuk memiliki rasa kebersamaan, toleransi, dan menjaga satu sama lain. “Tujuan dibentuknya asrama pasti dibagi dua, secara fisik maupun secara karakter. Kalau secara fisik adek-adek mahasiswa baru (maba) kan dimudahkan karena tinggal di asrama, proses perkuliahannya di tahun pertama dimudahkan karena jaraknya dekat. Secara karakter di asrama juga tempat berlatih karakter karena banyak kegiatannya,” ujar Andijoko.

    Sesuai dengan tujuannya, karena itulah mahasiswa baru wajib tinggal di asrama selama 1 tahun pertama. Tetapi mahasiswa yang tinggal di asrama bukan hanya mahasiswa baru saja, ada juga mahasiswa tingkat 2 maupun 3 yang tinggal disana sebagai Senior Resident. Senior Resident adalah mahasiswa terpilih yang bisa tinggal di asrama sebagai kakak angkatan bagi mahasiswa baru. Tugas dari Senior Resident adalah untuk mendampingi dan menjadi perantara bagi mahasiswa baru.

    Kegiatan-kegiatan yang ada di asrama memiliki konsep yang disebut dengan ASAS. Konsep pertama adalah Adaptibility, kegiatan dalam proses mahasiswa beradaptasi dengan lingkungan dan orang baru disekitarnya. Kegiatan yang dibuat adalah bagaimana membangun lingkungan asrama yang nyaman, kebersamaan, dan riang gembira. “Dibuat kegiatan-kegiatan yang sifatnya adaptasi, bisa basisnya olahraga, seni, kreativitas,” ujar Andijoko. Kedua adalah Spirituality, kegiatan keagamaan yang dijalankan selama mahasiswa tinggal di Asrama. Tujuan dari kegiatan ini murninya tidak untuk agama, tetapi untuk membentuk perilaku yang positif. Ketiga adalah Academic, kegiatan membangun suasana belajar yang efektif dan nyaman. Keempat adalah Social, kegiatan yang dibuat untuk mengasah kegiatan sosial dari mahasiswa yang tinggal di asrama. Kegiatan tersebut bisa berupa bakti sosial, tangan untuk kegiatan sosial, dan tabungan untuk berbagi degan masyraat di sekitas Telkom Univeristy. Dengan mengikuti kegiatan yang ada di asrama, mahasiswa bisa mendapatkan poin Transkrip Aktivitas Mahasiswa (TAK).

    Agar mempermudah mahasiswa baru untuk menjangkau layanan seperti laundry, makanan, travel dan bus berikut nomor-nomor layanan tersebut :

    Keluhan terkait check in asrama bisa langsung mendatangi ruang solution centre yang berada di lantai bawah GKU, selain itu juga bisa mendatangi meja informasi khusus asrama yang berada di ruang bimbingan konseling (BK). Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut terkait asrama bisa mengunjungi website https://dormitory.telkomuniversity.ac.id.

    Penulis : Nur Azizah Arini Putri

    Infografis : Mochamad Noverian Zhafar

    Editor : Falaah Saputra Siregar