Membedah Teka-Teki Melalui Aroma

    0
    260
    Sumber gambar: google

    AksaraFeature, Ciamis (29/6/2018) – Aroma Karsa merupakan karya ke-12 dari penulis masyhur, Dee Lestari. Novel setebal 710 halaman ini telah banyak diperbincangkan oleh banyak orang. Novel terbitan Maret 2018 ini mengisahkan Jati Wesi, seorang pria berusia 26 tahun yang telah lama tinggal di TPA Bantar Gerbang, yang memiliki karakter unik. Salah satu indera tubuh Jati memiliki kemampuan spesial. Si Hidung Tikus, begitulah julukan yang diberikan kepada Jati karena kemampuan olfaktorinya yang luar biasa. Jati mampu membaui aroma berdasarkan satu per satu partikel pembentuknya.

    Di awal cerita, pembaca disuguhkan tentang ambisi keluarga Prayagung untuk menemukan bunga bernama Puspa Karsa. Bunga ini diyakini memiliki kekuatan yang amat besar, namun keberadaannya hanya bisa dideteksi melalui aroma. Dengan alasan itu, terikatlah benang hubungan cerita antara Jati dengan keluarga Prayagung.

    Alur maju-mundur yang saling berkaitan disajikan dengan cara yang apik. Pembaca dibuat penasaran tentang siapa yang akan menjadi apa. Dee pun memanjakan pembaca melalui latar pekerjaan tokoh yang bekerja di sebuah perusahaan parfum. Penyampaian cerita menunjukkan bahwa Dee telah melakukan riset yang mendalam. Dia menuliskan sejumlah istilah perparfuman, proses peracikan parfum, beragam molekul kimiawi, dan ragam jenis anggrek yang menjadi bunga utama dalam cerita ini.

    Deskripsi yang amat detail membuat pembaca hanyut dalam cerita. Sekali lagi, Dee menunjukkan eksistensinya sebagai penulis yang cerdas. Meskipun novel ini sangat tebal, tetapi Dee mampu membangkitkan rasa penasaran dan keingintahuan terhadap cerita lembar demi lembarnya.

    Penulis: Fidya Rahmawanti

    Editor: Annisa Nisrina