Memperindah Ruangan Dengan Tanaman Indoor

    0
    134
    Sumber : Pexels.com

    AksaraFeature, Bandung (25/08/2020) – Siapa yang tidak mengenal tanaman memesona ini? tanaman hias dalam ruangan banyak digermari oleh kalangan orang dewasa dan tak jarang kalangan remaja pun menyukainya. Tanaman hias di Indonesia berperan bukan hanya sebagai penghias ruangan, namun juga menjadi suatu bisnis yang cukup menjanjikan. Banyak penggemar tertarik dengan bentuk tanamannya yang elok dan tak sedikit orang rela membayar atau membeli dengan harga yang relatif mahal. Kisaran harga tanman hias bervariasi tergantung dari jenis, usia, serta bentuk tanaman. Misalnya jenis Anthurium berkisar antara 500 ribu – 3 juta rupiah bahkan bisa lebih. Berikut ini merupakan serba-serbi dalam hal tanaman hias dalam ruangan.

    Manfaat Tanaman Hias Dalam Ruangan

    Sumber : aetra.co.id

    Sebagian orang mungkin menganggap bahwa memelihara tanaman hias dalam ruangan akan merepotkan dan lantai menjadi kotor. Tanaman hias memberikan manfaat terhadap kesehatan seseorang. Dilansir dari harapanrakyat.com, berikut ini merupakan beberapa manfaat memelihara tanaman hias dalam ruangan.

    1. Menyegarkan Ruangan dan Mengurangi Debu

    Tanaman hias maupun tanaman lainnya dapat membuat udara menjadi segar karena mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida yang terdapat dalam ruangan tersebut. Maka tak heran bila udara menjadi lebih bersih serta dapat meningkatkan kesehatan bagi penghuninya.

    1. Meredakan Stress

    Ruangan yang indah dipandang akan membuat relax ketika lelah maupun penat sehabis bekerja. Tanaman hias menjadi solusi untuk menenangkan pikiran dan membuat tubuh menjadi lebih santai.

    1. Membunuh Bakteri

    Polusi udara menjadi salah satu media bagi bakter untuk bersinggah dimanapun. Dengan adanya penyerapan karbondioksida dalam ruangan, bakteri-bakteri tersebut aka tereduksi dan menjadikan udara lebih bersih.

    1. Membuat Mata Lebih Segar

    Siapapun penikmat tanaman tentu merasa segar apabila melihat dedaunan hijau yang bagus. Selain itu, mereka pun akan terhibur dengan keelokan tanaman hias dalam ruangan.

    1. Tidak Membuat Tubuh Mudah Ngantuk dan Letih

    Tubuh menjadi mudah letih dan mengantuk karena terlalu banyak menghirup karbondioksida dan polusi udara sekitar. Kehadiran tanaman hias akan mengurangi kedua faktor tersebut.

    1. Menenangkan dan Media Terapi Saraf

    Aroma yang dihasilkan dari beberapa jenis tanaman hias dalam ruangan dapat menenangkan pikiran sekaligus menjadi terapi saraf.

    Tanaman hias dalam ruangan memiliki beberapa jenis. Mulai dari yang paling popular hingga yang langka. Tanaman hias populer dan banyak orang memeliharanya yaitu Lidah Mertua, Sirih Gading, Peace Lily, Aloe Vera, Anthurium, Bromliad, Lili Paris, Kaktus, Lavender, dan Monstera.

    Dari beberapa tanaman hias yang populer di atas, Monstera menjadi tanaman hias yang unik karena bnetuk daunnya yang memberikan nilai estetika. Daun tanmaan Monstera memiliki lubang-lubang yang terbentuk secara alami.

    Sumber : blok-a.com

    Meskipun begitu, dikutip dari cnnindonesia.com bahwa Monstera memiliki racun yang terdapat pada getahnya. Siapapun bisa keracunan baik manusia maupun binatang apabila tidak sengaja mengunayah atau menelan getah Monstera. Gejala keracunan antara lain rasa sakit dan nyeri disertai aphonia (kehilangan suara), kulit melepuh, suara serak, dan iritasi kulit. Maka dari itu, apabila Anda memelihara  tanaman ini, sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak.

    Perawatan Tanaman Hias Dalam Ruangan

    Sumber : Pexels.com

    Tanaman hias dalam ruangan memerlukan perawatan rutin agar tidak mudah layu. Berikut ini merupakan tips merawat tanaman hias dalam ruangan agar ruangan Anda tetap segar dan memesona.

    1. Jangan terlalu sering menyiram tanaman hias dalam ruangan

    Tanaman hias biasanya tidak memerlukan air yang banyak, sehingga apabila Anda menyiramnnya terlalu banyak akan terjadi pembusukan pada tanaman Anda.

    1. Simpan di tempat yang terkena cahaya matahari

    Meskipun ada beberapa tanaman hias yang tidak memerlukan cahaya matahari terus menerus, namun tanaman tetap memerlukan sinar matahari. Jadi pastikan tanaman Anda berada di tempat yang cocok.

    1. Jaga kondisi ruangan agar tetap lembab

    Beberapa orang mengakalinya dengan menaruh pot tanaman hias pada kotak yang berisi pasir atau tanah, kemudian disiram air secukupnya. Sehingga akar tanaman akan selalu lembab.

    1. Berikan pemupukan secara rutin

    Cara ini dimaksudkan untuk memberi nutrisi tanaman agar tetap segar. Anda bisa memberikan media tanam atau mengganti media tanam secara rutin 1 bulan sekali.

    1. Pangkas daun kering

    Daun kering bukan hanya mengganggu nilai estetika, namun juga mengganggu pertumbuhan tanaman itu sendiri.

    1. Bersihkan pot secara rutin

    Sebaiknya bersihkan pot tanama secara rutin 1 minggu sekali agar tetap terlihat indah dalam ruangan Anda.

    Tanaman hias dalam ruangan dapat menjadi alternative bagi Anda yang menginginkan interior cantik dan bervariasi. Selain menjadikan ruangan cantik dan indah, tanaman jenis ini dapat Anda budidayakan serta menjadi bisnis menjanjikan. Dengan harga yang bervariasi, Anda dapat memilih tanaman jenis apapun yang Anda sukai. Jangan lupa perhatikan tempat tinggal Anda ketika ingin membelinya agar tanaman hias tidak salah tempat.

    Penulis : Yudinda Gilang Pramudya

    Editor : Falaah Saputra Siregar