Mengenal Dua Jajanan Minuman Khas Kota Jepara

    0
    29
    Sumber : Google

    AksaraFeature, Bandung (25/06/2020) – Kota yang dikenal sebagai tempat kelahiran pahlawan emansipasi R.A. Kartini ini terletak di utara provinsi Jawa Tengah. Jepara kerap dikenal pula dengan karya ukiran kayu Macan Kurung-nya yang mendunia. Selain itu, Jepara juga memiliki menu kuliner khas, yaitu Wedang Adon-Adon Coro dan Gempol Pleret.

    Wedang Adon-Adon Coro adalah minuman tradisional khas jepara yang hampir mirip dengan Wedang Ronder. Hal yang membedakan terdapat dari rempah-rempah yang digunakan antara lain pandan, kayu manis, cengkih, lengkuas, dan merica bubuk yang disiram dengan campuran air santan dan jahe gula merah. Rasanya yang pedas dan hangat cocok disantap di saat malam yang dingin. Biasanya Wedang Adon-Adon Coro disajikan hangat (disebut wedang dalam bahasa Jawa) dan disajikan dalam mangkok.

    Selain itu, ada juga Gempol Pleret, berbeda dengan minuman sebelumnya, Gempol Pleret disajikan selagi dingin. Gempol Pleret terbuat dari beras yang digiling halus, kemudian diaduk sedikit dengan air hingga menjadi adonan. Kemudian adonan dibentuk bulat yang disebut sebagai gempol. Sedangkan, adonan yang dibentuk pipih dan berwarna merah muda disebut pleret. Gempol Pleret disajikan dalam mangkok dengan campuran sirup, santan, serta diberi es. Tekstur gempol yang halus dan pleret yang kenyal serta berpadu dengan sirup santan dan es membuat segar bagi siapa saja yang menyantapnya.

    Cukup banyak tempat yang menjual minuman-minuman tersebut di sekitaran Jepara. Tempat paling lumrah untuk menemukan minuman tersebut adalah di area pedagang kaki lima Shopping Center Jepara (SCJ) yang berdekatan dengan alun-alun Kota Jepara. Kedua minuman tersebut dijual dengan kisaran harga Rp. 2.500,00 – Rp. 5.000,00. Pastikan ketika kalian mampir ke Kota Ukir kalian tidak melewatkan kuliner satu ini.

    Penulis: Iqbal Abdul Rauf

    Editor : Dewa Made Surya