Featured

Mengenal Lebih Jauh Layanan Konseling Telkom University

AksaraFeature, Bandung (27/06/2022) – Mahasiswa dikenal sebagai individu yang memiliki intelektualitas tinggi, kecerdasan dalam berpikir, ketepatan dalam mengambil keputusan, adaptasi yang baik serta diharapkan mampu menjadi agen perubahan.  Banyaknya label dan tuntutan yang melekat pada diri mahasiswa tentunya direspon berbeda oleh setiap individu dan tidak jarang menimbulkan permasalahan. Permasalahan tersebut dapat bersumber dari berbagai macam faktor seperti permasalahan dari dalam diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sosial.

Melihat urgensi tersebut Telkom University menghadirkan penanganan dalam bentuk layanan bimbingan konseling. Bimbingan konseling adalah layanan yang bertujuan untuk membantu, membimbing, dan memberikan arahan kepada mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan yang dimilikinya selama menjalani perkuliahan, baik di bidang akademik maupun non-akademik. 

Bimbingan konseling adalah salah satu layanan yang dapat dinikmati oleh seluruh mahasiswa Telkom University tanpa dikenai biaya. Terdapat 2 jenis bimbingan konseling yang disediakan, antara lain : 

  • Bimbingan Offline 

Bimbingan offline adalah proses konseling yang dilakukan secara langsung dengan cara menemui konselor sesuai dengan waktu dan tempat yang telah disepakati.

  • Bimbingan Online 

Bimbingan online adalah proses konseling yang dilakukan menggunakan fasilitas chat di iGracias dan hanya dapat dilakukan apabila konselor sedang online.

Adapun kategori konseling terbagi atas empat bidang meliputi bimbingan pribadi, bimbingan minat dan bakat, bimbingan karier, dan bimbingan kelompok. Hingga saat ini terdapat 18 konselor yang aktif melayani mahasiswa dalam bimbingan konseling.

Mekanisme Pendaftaran Bimbingan Konseling 

Pendaftaran bimbingan online maupun offline dilakukan melalui website iGracias. Pada menu registrasi konseling, peserta diarahkan untuk memilih tipe konseling, tujuan konseling, dan nama konselor yang dituju. Jika konselor yang bersangkutan sedang online, maka peserta bisa memulai sesi konseling melalui fitur chat yang tersedia di iGracias.

Bagi pendaftar bimbingan konseling offline, peserta akan diarahkan untuk melengkapi form data diri terlebih dahulu. Selanjutnya peserta membuat jadwal konseling dengan cara memilih nama konselor yang dituju dan memilih tanggal serta sesi konseling sesuai jadwal yang tersedia. Setelah melakukan pendaftaran, admin konselor akan mengkonfirmasi jadwal konseling kepada konselor. Pemberitahuan lebih lanjut mengenai waktu dan lokasi konseling akan disampaikan kepada peserta konseling melalui akun official Whatsapp konseling. 

Teknis Pelaksanaan Bimbingan Konseling 

Durasi pelaksanaan sesi konseling tatap muka berkisar antara satu hingga satu setengah jam. Telkom University menyediakan ruangan khusus untuk melakukan konseling, namun dikarenakan beberapa konselor memiliki tempat prakteknya masing-masing, konseling offline dapat pula dilaksanakan di tempat praktik konselor yang bersangkutan. Setelah terdaftar sebagai peserta konseling, diharapkan mahasiswa datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Apabila terlambat menghadiri konseling, mahasiswa sebaiknya menghubungi admin konselor terlebih dahulu dan tidak membatalkan konseling secara tiba-tiba. 

Jika peserta konseling memiliki urgensi lain yang menyebabkan ia tidak dapat mengikuti sesi konseling, maka diperbolehkan untuk melakukan penjadwalan ulang dengan syarat reschedule jadwal maksimal dua hari sebelum pelaksanaan konseling. Perlu diketahui bahwa aturan-aturan berikut tidak secara resmi tertulis sebagai aturan, namun sebaiknya dipatuhi oleh seluruh peserta konseling demi kenyamanan bersama.

Meski saat ini perkuliahan dilaksanakan secara hybrid, layanan konseling tatap muka tetap bisa dinikmati oleh mahasiswa yang melakukan perkuliahan online. Sejak tahun 2019 Direktorat Kemahasiswaan meningkatkan pelayanan konseling dengan menambahkan Zoom Meeting sebagai media konseling online. Hal ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk menggunakan fasilitas bimbingan konseling semaksimal mungkin.

Kapan saat yang tepat mengunjungi layanan konseling?

Waktu yang tepat untuk mengunjungi layanan konseling adalah ketika mahasiswa memiliki permasalahan baik terkait dengan permasalahan akademik, maupun hubungan interpersonal dengan orang-orang terdekat yang tidak dapat terselesaikan sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman seperti perasaan cemas, kesulitan mengontrol emosi, dan sebagainya. Diharapkan program ini dapat memfasilitasi kebutuhan mahasiswa untuk melakukan konseling, membantu mahasiswa dalam proses perkembangannya melewati masa-masa perguruan tinggi, sehingga terhindar dari kesulitan, dapat mengatasi kesulitan, dan dapat membantu mensejahterakan kesehatan mental mahasiswa mahasiswi Telkom University.

 

Penulis : Rifqah Amaliyah

Editor : Yeni Octaviani

Related Articles

Back to top button