Featured

Mengenal Peradaban Dunia dari Aspek Lingkungan

AksaraFeature, Sukabumi (6/11/2018) – Buku Collapse: Runtuhnya Peradaban-Peradaban Dunia, ditulis oleh seorang ilmuwan yang pernah meneliti daratan Papua, Jared Diamond. Penulis merupakan seorang environmentalis dan profesor dalam ilmu geografi dan ilmu kesehatan lingkungan di University of California. Buku ini merupakan lanjutan dari buku sebelumnya Guns, Germs and Steel: Bedil, Kuman dan Baja yang menyabet penghargaan Pulitzer pada 1998.

Pada buku sebelumnya, Jared Diamond menjelaskan bagaimana sebuah peradaban terbentuk dan berjaya, sementara pada buku Collapse ini, Jared Diamond bercerita bagaimana sebuah perdaban runtuh dengan menitikberatkan pada faktor lingkungan seperti kerusakan lingkungan, perubahan iklim dan tanggapan masyarakat terhadap masalah lingkungan oleh faktor tersebut.

Dalam buku ini kita dapat belajar kesalahan pendahulu kita dalam mengelola dan menangani lingkungan seperti yang terjadi di Pulau Paskah, Bangsa Viking atau sengketa tanah yang berujung pembantaian di Rwanda. Keberhasilan dan kegagalan sebuah peradaban dalam mengelola lingkungan menjadi pelajaran bagi kita semua agar tidak memandang sebelah mata aspek lingkungan sehingga dapat mencegah keruntuhan peradaban yang kita bangun.

Buku ini memiliki ketebalan 731 halaman, namun dengan penyajian isi yang menarik mengenai kisah-kisah keruntuhan peradaban Bangsa Viking, Suku Maya, Pulau Paskah, Nors Tanah Hijau, Suku Anasazi dan lain sebagainya membuat pembaca hanyut dalam penjelasan saintifik mengenai peran lingkungan yang sangat vital dalam membentuk peradaban. Buku terbitan KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) ini dapat di temukan di toko buku favorit anda.

 

Penulis: Teguh muflih rizky

Editor: Dina Fadillah

 

Related Articles

Back to top button