Mengenali Galendo, Makanan Ringan Berbahan Dasar Ampas Kelapa Khas Ciamis

    0
    102
    sumber gambar: google

    AksaraFeature, Bandung (23/08/2019) – Kelapa merupakan salah satu bahan dasar yang bisa dibuat dalam berbagai bentuk makanan, seperti kue geplak khas Yogyakarta, kue pancong khas Betawi, wingko babat khas Lamongan, dan banyak lagi. Begitu pun di Jawa Barat, tepatnya di daerah Ciamis, terdapat galendo yang merupakan salah satu makanan khasna. Galendo terbuat dari ampas minyak kelapa yang dimasak. Biasanya, makanan ini disajikan sebagai makanan ringan atau makanan penutup masyarakat Ciamis. Galendo juga kerap dijadikan buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung.

    Zaman dahulu, Ciamis merupakan daerah di Jawa Barat dengan produsen kelapa terbesar. Sebagian besar buah kelapa dimanfaatkan menjadi minyak kelapa. Pemerintahan pada masa itu (1839-1886) yang dijabat oleh Raden Adipati Aria Kusumahdiningrat atau dikenal juga sebagai Kanjeng Prebu, merupakan orang yang berpengaruh terhadap pertama kalinya pembuatan galendo. Kanjeng Prebu mengelola buah kelapa yang saat itu melimpah dengan baik, buah kelapa dibuat menjadi minyak kelapa. Pembuatan minyak kelapa tersebut menghasilkan banyak ampas kelapa. Untuk mensiasati hal tersebut, ampas kelapa juga dimanfaatkan untuk dibuat menjadi makanan ringan yang sampai sekarang disebut galendo.

    Proses pembuatan galendo tergolong mudah, buah kelapa direbus hingga air menguap habis dan menyisakan serbuk berwarna kecokelatan. Setelah itu, serbuk kecokelatan diperas untuk memisahkan antara minyak dan ampasnya, minyak tersebut bisa digunakan sebagai minyak keletik. Sedangkan ampasnya digunakan untuk pembuatan galendo. Terakhir, galendo bisa langsung dinikmati atau bisa juga dibungkus ke dalam daun pisang.

    Semakin berkembangnya zaman, galendo yang ada juga semakin bervariasi. Sekarang galendo banyak dicampur dengan rasa-rasa lain seperti kacang, susu, dan coklat. Kisaran harga yang ditawarkan untuk 1 kilogram galendo cukup mahal yaitu sekitar Rp50.000,00 hingga Rp55.000,00. Galendo sangat mudah ditemui. Kalian bisa menemukannnya di toko oleh-oleh, salah-satunya di Pasar Manis yang merupakan pasar tradisional terbesar di Ciamis.

    Kalau kalian berkunjung ke Ciamis, jangan lupa untuk menikmati tempat wisata dan galendo ini. Kalian dapat membawa pulang galendo untuk dibagikan ke sanak keluarga, teman, dan tetangga.

    Penulis: Nur Azizah Arini Putri
    Editor: Falaah Saputra Siregar