Opini

Mengurai Tantangan Kebersihan Toilet di Gedung Barung

AksaraOpini, Bandung (11/05/2024) — Fasilitas toilet di universitas adalah hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan aktivitas civitas academica. Telkom University menyediakan beberapa toilet di setiap gedung fakultas dan juga di beberapa tempat umum. Namun, kondisi toilet berbeda di setiap fakultas, beberapa fakultas memiliki kondisi toilet yang baik, tetapi ada juga keluhan dari mahasiswa tentang keadaan toilet yang kurang memadai.

Athala Putri, mahasiswi Ilmu Komunikasi angkatan 2023 yang  hampir dua pertiga jadwal perkuliahannya dilaksanakan di Gedung Barung turut berkomentar, “Jujur kurang banget, apalagi yang di lantai tiga. Maaf, itu kotor, plafonnya merembes, wastafelnya nggak ada sabunnya. Aduh, banyak, lah, kalau harus disebut satu per satu.”

Mengurai Tantangan Kebersihan Toilet di Gedung Barung
Mengurai Tantangan Kebersihan Toilet di Gedung Barung

Pasalnya, banyak faktor yang mempengaruhi kurangnya kondisi toilet di gedung ini. Beberapa di antaranya meliputi pencahayaan yang remang-remang, ketidaktersediaan kelengkapan yang memadai seperti tisu dan sabun, kondisi plafon yang rusak, serta pembuangan yang kurang efisien. Athala menyebut bahwa beberapa bilik toilet harus ditutup karena kloset yang tersumbat dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Faktor lain yang tidak kalah penting adalah kesadaran dari para mahasiswa itu sendiri. Karena  jika penggunanya saja tidak memperhatikan kebersihan, toilet di gedung mana pun tidak akan bersih mau segencar apapun perawatan yang dicanangkan kampus.

“Kalau untuk kebersihan kami jamin bersih, Kak. Soalnya, kami pastikan semua toilet dibersihkan setiap hari. Tapi Kakak tahu sendiri, mobilitas mahasiswa tinggi. Apalagi, tidak semuanya memiliki kesadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan. Sudah disediakan kotak sampah saja masih pada buang tisu dan pembalut sembarangan,” ucap Neni, salah satu staf kebersihan Gedung Barung.

Neni melanjutkan, pihaknya sudah melaporkan perihal plafon yang bocor dan aliran air yang tersumbat kepada otoritas kampus. 

Mengurai Tantangan Kebersihan Toilet di Gedung Barung
Mengurai Tantangan Kebersihan Toilet di Gedung Barung

“Sudah direspon juga, katanya, ‘iya, nanti dibenerin’. Tapi nggak tahu, ya, itu sudah seminggu yang lalu.”

Berkaitan dengan kurang memadainya fasilitas ini, kebersihan toilet di kampus adalah tanggung jawab bersama. Kewajiban mahasiswa sebagai pengguna fasilitas adalah membuang sampah pada tempatnya, menyiram kloset setelah digunakan dan mengabaikan larangan seperti berjongkok di atas kloset duduk. Selain itu, pihak kampus juga diharapkan dapat memberi tindakan secepatnya pada kerusakan-kerusakan yang terjadi.

Mari kita sama-sama berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat bagi semua orang.

 

Penulis: Syifa Uswatun Khasanah

Editor: Nur Nazlizah Purwanti

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button