Menikmati Air Terjun Tertinggi di Jawa Barat Milik Kota Cimahi

    0
    66
    Sumber : Google

    AksaraFeature, Bandung (04/12/2020) – Ketika berbicara mengenai Jawa Barat, beberapa kota yang yang orang kenal antara lain adalah Bandung, Tasikmalaya, atau Sumedang. Jarang sekali terdengar orang yang kenal dengan kota Cimahi. Cimahi terletak di sebelah barat Kota Bandung. Dahulunya, Cimahi merupakan sebuah kabupaten, lalu pada tahun 2001 ditetapkan sebagai kota otonom.

    Siapa yang tahu, di kota Cimahi terdapat keindahan alam yang masih jarang terjamah oleh penduduk Cimahi maupun Bandung sekalipun. Keindahan alam tersebut adalah sebuah curug dalam bahasa sunda yang artinya “air terjun”. Air terjun itu diberi nama Curug Cimahi atau sekarang lebih dikenal dengan nama Curug Pelangi. Asal nama tersebut berasal dari Sungai Cimahi yang mengalir di atasnya, berhulu di Situ Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Letak Curug Cimahi tidak begitu jauh dari kota, tepatnya berada di Jalan Kolonel Masturi di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua, perkiraan membutuhkan waktu 15 menit dari Kota Cimahi. Curug tersebut memiliki ketinggian sekitar 87 meter dan menjadikannya salah satu curug tertinggi di Kota Bandung. Suguhan keindahan air terjun yang menawan di kelilingi dengan hijaunya tumbuhan semakin menambah keeksotisannya.

    Terdapat fasilitas yang telah disediakan agar pengunjung merasa lebih nyaman ketika mengunjungi Curug ini. Telah disediakan tangga dari gerbang sebelum memasuki Curug, shelter, pagar pengaman, tempat piknik, serta bangku yang bisa digunakan untuk berfoto. Fasilitas yang disediakan juga terbilang bersih dan terawat, sebuah nilai tambah yang bisa diambil pada perawatan sebuah tempat wisata. Pengunjung yang beruntung juga bisa menyaksikan panorama pelangi yang dihasilkan oleh Curug tersebut. Pelangi tersebut muncul karena ada pembiasan cahaya matahari oleh titik-titik air, sehingga akan menghasilkan lengkungan spektrum yang menghasilkan pelangi. Biasanya, pelangi tersebut muncul sekitar pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

    Curug Cimahi buka dari pagi hingga malam hari yaitu pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Suasana malam hari pada Curug akan dihiasi oleh lampu-lampu cantik yang menyala, dengan begitu pengunjung tidak usah khawatir ketika berkunjung di malam hari. Sebelum memasuki Curug, pengunjung harus mengeluarkan tarif sekitar Rp 20.000,00 untuk wisatawan lokal. Namun, terdapat perbedaan tarif yang dikeluarkan bagi pengunjung yang datang malam hari. Selain tempat wisata, terdapat juga penginapan jika pengunjung ingin menginap disana.

    Pergi ke alam luas bisa menjadi satu pilihan yang tepat untuk merelaksasikan diri dari penatnya kegiatan sehari-hari, Curug Cimahi ini bisa menjadi salah satu referensi tempat untuk dikunjungi.

    Penulis: Nur Azizah Arini Putri

    Editor: Falaah Saputra Siregar