Menilik Lebih Dalam Sejarah Telkom University

0
6597

AksaraFeature, Bandung (17/8/2018) – Sejarah merupakan hal penting yang perlu diingat untuk menunjukkan suatu identitas, termasuk identitas suatu institusi pendidikan. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa Telkom University kita harus mengetahui sejarah berdirinya kampus kita. Yuk, kupas sejarah Telkom University sebagai bentuk kecintaan kita terhadap kampus ini!

Universitas Telkom atau yang lebih dikenal sebagai Telkom University (Tel-U) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tel-U merupakan pengembangan dari kampus STT Telkom yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 24 Maret 1994. Tel-U terbentuk atas penggabungan empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Untuk informasi lebih lanjut dari masing masing institusi dapat dilihat pada infografis.

Jika melihat lebih dalam pada sejarah dari masing-masing institusi yang belum bergabung menjadi Tel-U, maka dapat dilihat bahwa Institut Teknologi Telkom dulunya merupakan Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom). Dikarenakan PT Telkom sangat berkepentingan terhadap institusi dan industri ini, maka pada tahun 1991 dan 1992 para mahasiswa STT Telkom mendapat beasiswa penuh dan ikatan dinas. Namun, karena terjadi perubahan iklim industri telekomunikasi, maka beasiswa penuh dan ikatan dinas tersebut dihentikan, dan STT Telkom berubah menjadi perguruan tinggi yang mandiri.

Pada awal berdirinya, kampus STT Telkom mempunyai 3 lokasi yang berbeda, yaitu Kampus 1 di Jalan Soekarno Hatta, Kampus 2 di Jalan Gegerkalong Hilir, dan Kampus 3 berada di Jalan Penghulu Haji Hasan Mustafa. Pada tahun 1993 STT Telkom memiliki kampus sendiri di Jalan Telekomunikasi Terusan Buah Batu, dan setahun kemudian semua kegiatan belajar mengajar terpusat di kampus baru. STT Telkom berubah menjadi IT Telkom pada tanggal 20 November 2007. Dalam proses penggabungan menjadi Telkom University pada tahun 2013, IT Telkom ditransformasikan menjadi Fakultas Teknik (FT). Selanjutnya pada tahun 2014 Fakultas Teknik dikembangkan menjadi tiga fakultas, yaitu: Fakultas Teknik Elektro (FTE), Fakultas Rekayasa Industri (FRI), dan Fakultas Informatika (FIF).

Rektor Universitas Telkom saat ini, Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D., telah menjabat sejak Universitas Telkom pertama kali berdiri, yaitu pada tahun 2013. Sebelum menjabat sebagai rektor Universitas Telkom, Ashari menjabat sebagai guru besar Teknik Elektro di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Meskipun baru berdiri selama 5 tahun, namun Universitas Telkom sudah banyak melahirkan prestasi. Selama tahun 2013, tercatat sebanyak 135 orang mahasiswa Universitas Telkom telah mengukirkan catatan prestasi kompetisi eksternal kampus di berbagai bidang, baik tingkat regional, nasional maupun internasional.

 

Penulis: Fathan Abdul Shodiq

Editor: Annisa Nisrina

Infografis : Taufiq Akmal