Menilik Refleksi Sifat Manusia dalam Novel Harimau! Harimau!

    0
    284

    AksaraFeature, Bekasi (6/1/2019) – Harimau! Harimau! adalah sebuah novel yang ditulis oleh Mochtar Lubis, salah seorang jurnalis dan juga pengarang ternama di Indonesia. Novel yang diterbitkan pada tahun 1975 oleh Pustaka Jaya ini, telah mendapat banyak penghargaan, salah satunya adalah Buku Terbaik dari Departemen Pendidikan dan Budaya RI. Selain itu, novel ini juga telah dikenal di beberapa negara. Harimau! Harimau! telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Mandarin, dan beberapa bahasa asing lainnya.

    Novel ini bercerita tentang tujuh orang pengumpul damar yang diburu oleh seekor harimau kelaparan di dalam hutan. Berhari-hari pengumpul damar melakukan segala upaya untuk lolos dari binatang buas tersebut. Lalu satu per satu di antara mereka jatuh menjadi korban terkaman harimau yang lapar. Hingga pada akhirnya mereka gagal menyelamatkan diri.

    Tak hanya itu, novel ini juga mencerminkan sebuah pergolakan yang mungkin terjadi dalam diri seorang manusia. Tergambarkan jelas, bagaimana para pengumpul damar dalam merefleksi diri masing-masing dengan meningkatkan kesadaran mereka akan kekuatan dan kelemahan, baik pada diri mereka sendiri maupun para anggota kelompok yang lain.
    Sebenarnya, kisah dalam novel ini sangatlah sederhana. Namun, dari kesederhanaan itulah justru kisahnya menjadi sangat kompleks dan nyata, layaknya kisah-kisah mengenai manusia dan perjalanannya pada umumnya. Selain itu, kisah dalam novel ini berjalan dengan tempo yang terjaga, sehingga pembaca akan terpikat dan terpesona dengan ketegangan yang terjalin dalam karya setebal 214 halaman ini.

    Penulis: Fathan Abdul Shodiq
    Editor: Falaah Saputra