Meningkatkan Pendidikan dengan Beasiswa untuk Mahasiswa Tel-U

    0
    137

    AksaraFeature, Bandung (25/07/2019) – Masalah ekonomi biasanya menjadi salah satu alasan yang dipertimbangkan kebanyakan orang untuk melanjutkan pendidikan. Biaya dan kebutuhan yang diperlukan tidaklah sedikit, karenanya banyak orang yang menunda kuliah. Salah satu solusi dari masalah ekonomi tersebut adalah beasiswa. Beasiswa yang disediakan mulai dari potongan UKT (Uang Kuliah Tunggal) atau BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) sampai diberikan uang untuk makan loh. Berikut beasiswa yang bisa kalian coba :

    1. Beasiswa Bidik Misi

    Beasiswa Bidik Misi adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia yang memberikan keringanan gratis sampai delapan semester. Tidak hanya gratis, beasiswa bidikmisi memberikan uang saku perbulannya. Untuk ketentuan dan syarat lebih lanjut, bisa kunjungi  website di bawah ini:

    https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

    2. Beasiswa Data Print

    Data Print melakukan sebuah gerakan untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan membuka beasiswa. Tidak ada sistem kuota berdasarkan daerah atau sekolah maupun perguruan tinggi. Program beasiswa ini bisa digunakan untuk kalian yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa. Untuk ketentuan dan syarat lebih lanjut, bisa kunjungi  website di bawah ini:

    http://beasiswadataprint.com/formulir/

    3. Beasiswa Juara 2019

    Beasiswa Juara adalah bentuk kontribusi dari kerja sama antara Harian Kompas dan Avian Brands, sekarang sudah memasuki Batch III. Beasiswa Juara Batch III memberikan kuota sebesar 40 kursi untuk mahasiswa Strata Satu (S1) yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Untuk ketentuan dan syarat lebih lanjut, bisa kunjungi  website di bawah ini:

    https://beasiswajuara.kompas.id/batch_3/jadwal/

    4. Beasiswa PPA 2019

    Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) diberikan  pemerintah untuk mahasiswa aktif jenjang pendidikan sarjana dan Diploma 4. Mahasiswa yang mendaftarbeasiswa ini akan mendapat uang saku sebesar Rp400.000,00. sekurang-kurangnya satu bulan.  Untuk teknis beasiswa PPA 2019/2020 tidak jauh berbeda dengan periode sebelumnya. Untuk ketentuan dan syarat lebih lanjut, bisa kunjungi  website di bawah ini:

    https://www.ut.ac.id/pengumuman/2019/07/seleksi-beasiswa-peningkatan-prestasi-akademik-ppa-tahun-2019

    5. Beasiswa BCA Finance

    Program Beasiswa BCA Finance memberikan bantuan dana belajar sebesar Rp3.000.000,00 setiap semester. Masa pemberian bantuan dana dimulai  minimal semester 2 hingga menyesuaikan lamanya penyelesaian masa studi/kuliah (maksimal semester 8).  Untuk ketentuan dan syarat lebih lanjut, bisa kunjungi  website di bawah ini:

    https://www.bcafinance.co.id/beasiswa-2019

    6. Beasiswa Djarum

    Program Djarum Beasiswa Plus memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai jurusan yang tengah menempuh program studi S1 dan Diploma 4. Beasiswa Djarum memberikan dana beasiswa sebesar Rp750.000,00 setiap bulan selama 1 tahun, selain itu mahasiswa yang mendapat beasiswa ini akan mendapatkan berbagai macam pelatihan softskill yang telah disediakan. Untuk ketentuan dan syarat lebih lanjut, bisa kunjungi  website di bawah ini:

    https://register.djarumbeasiswaplus.org/

    7. Beasiswa Aperti BUMN

    Beasiswa Aperti BUMN adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN. Untuk seluruh peserta yang lulus pada beasiswa APERTI ini akan mendapatkan full beasiswa sampai lulus. Beasiswa ini diperuntukan bagi kalian siswa SMA/SMK/MA lulusan tahun 2018 dan 2019. Peserta yang mendaftar bisa memilih 3 program studi di Universitas yang diinginkan. Untuk ketentuan dan syarat lebih lanjut, bisa kunjungi  website di bawah ini:

    https://beasiswa.apertibumn.id/

    8. Beasiswa ID CloudHost

    Beasiswa ID CloudHost merupakan beasiswa dari perusahaan yang bergerak di bidang penyedia web hosting murah & unlimited berbasis SSD Cloud Hosting. Perusahaan ini memberikan beasiswa pendanaan full untuk mahasiswa. Peraih beasiswa akan diberikan kesempatan menambah pengalaman dengan bergabung di ID CloudHost, selain mendapat beasiswa kalian juga mendapat kesempatan bekerja di ID CloudHost. Untuk ketentuan dan syarat lebih lanjut, bisa kunjungi  website di bawah ini:

    https://idcloudhost.com/beasiswa/

    9. Beasiswa YouthManual

    Youthmanual memberikan kesempatan bagi kalian yang ingin melanjutkan studi ke jenjang kuliah khususnya di bidang Teknologi, Seni, dan Visual. Siswa pilihan yang mendapatkan beasiswa akan mendapatkan sertifikat apresiasi yang disponsori oleh Youthmanual dan Telkom University, mendapatkan kesempatan kerja untuk menerapkan ilmu mereka serta menambah pengalaman di berbagai industri progresif yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Untuk ketentuan dan syarat lebih lanjut, bisa kunjungi  website di bawah ini:

    https://www.youthmanual.com/beasiswa/beasiswa-s1-technology-arts-design-di-telkom-university

    Dengan adanya program beasiswa ini, diharapkan mahasiswa akan lebih giat untuk terus menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Beasiswa yang tersedia juga tidak sedikit, dengan giat mencari dan bertanya informasi kalian bisa mendapatkannya di mana saja. Selain beasiswa-beasiswa di atas, kalian juga dapat mencari berbagai beasiswa lain dari website, media sosial, kampus, atau fakultas kalian masing-masing. Yuk coba beasiswa yang ada, siapa tahu kalian beruntung. Selamat mencoba!

    Penulis: Putri Widya

    Editor: Nur Azizah Arini Putri