Menyantap Kuliner Lezat Khas Pati

    0
    82
    Sumber: google.com

    AksaraFeature, Bandung (26/10/2019) – Kota Pati berada di lereng Pegunungan Muria berbatasan dengan kabupaten Kudus, Jepara dan Rembang. Pati kaya akan hasil bumi dari pertanian dan perikanan hingga disebut Kota Bumi Mina Tani. Akibatnya, Pati memiliki kekayaan wisata kuliner yang sangat beragam. Makanan khasnya bisa membuat orang yang datang berkunjung terus-menerus dan mencoba lagi.

    Berikut beberapa makanan khas Kota Pati yang memiliki cita rasa yang berbeda:

    1. Nasi Gandul

    Nasi Gandul dari Desa Gajahmati , nasi putih yang terbuat dari kuah bersantan kental dengan rasa manis dan gurih. Dalam menghidangkannya, nasi dialasi daun pisang dan diberi potongan daging, babat, dan juga telur bacem. Daging sapi diolah dengan rempah-rempah antara lain jinten, kencur, jahe, terasi bakar, dan gula merah sehingga menciptakan aroma yang khas dengan rasa yang manis. Juga tempe bacit yang digoreng renyah sebagai pelengkap.

    2. Soto Kemiri

    Soto Kemiri berbeda dengan soto santan. karena cara penyajian dan lauknya yang unik. Nasi putih akan dihidangkan dalam mangkok kecil dengan kuah soto bumbu kuning, sedangkan lauknya adalah daging ayam yang masih doro (remaja). Kuah kuning dari Soto Kemiri ini lebih encer serta ditemani aroma kemiri yang kuat. Itulah yang membuat Soto Kemiri Khas Desa Kemiri Kecamatan Pati selalu dirindukan para penikmat kuliner yang datang ke Kota Pati.

    3. Sego Tewel (Nasi Sayur Nangka Muda)

    Sego Tewel adalah nasi dengan sayur nangka muda berkuah santan berasa pedas. Makanan Khas Pati ini biasanya disajikan di atas piring dilapisi daun jati. Penggunaan daun jati diduga untuk menambah aroma khas dan cita rasa masakan. Sego Tewel bisa dinikmati dengan tambahan lauk yang masih hangat, yaitu tempe goreng, ampela ati, keripik udang, atau dadar telur. Makanan ini berasal dari Desa Tambakromo wilayah Pati bagian selatan.

    4. Sego Tempe Pedes

    Sego Tempe Pedes atau Nasi Tempe Pedas adalah nasi yang disiram dengan kuah santan dari tempe busuk atau semangit yang dibumbu sangat pedas. Kuah ini campuran dari ketumbar, cabe, dan merica. Sego tempe pedes ini biasanya disajikan dengan tambahan lauk telur dadar, tempe goreng, atau perkedel. Masakan ini dapat dinikmati di wilayah Pati bagian utara yaitu di Desa Jontro Kecamatan Wedarijaksa. Masakan ini cocok untuk kalian penikmat masakan pedas, kalau datang berkunjung ke Kota Pati, jangan lupa nikmati Sego Tempe Pedes yang nikmat ini.

    5. Mangut Ndas Manyung (Mangut Kepala Manyung)

    Masakan Khas Kota Pati yang tak kalah lezat adalah makanan yang terbuat dari kepala ikan atau biasa disebut Mangut Ndas Manyung. Kuah dari kepala ikan manyung ini bercita rasa pedas dan paling enak dinikmati selagi masih hangat. Masakan ini berkuah kuning dari kunyit dan dimasak dengan bumbu pedas. Kepala ikan manyung ini adalah kepala ikan yang diasap dan menimbulkan aroma sedap. Mangut Ndas Manyung bisa dinikmati di daerah Pati bagian timur yaitu Kecamatan Juwana dan Batangan.

    6. Petis Kambing

    Petis ini bukan petis biasa berwarna hitam. Masakan ini berbahan dari sumsum tulang kambing atau biasa disebut balungan. Daging kambing yang digunakan adalah bagian iga dan biasanya dicampur jeroan. Kuah dicampur dengan tepung beras sehingga kuah terlihat lebih kental dan mempunyai rasa yang sangat gurih dan enak. Makanan ini dapat dinikmati di Desa Runting Tambaharjo wilayah Pati bagian utara.

    Sebenarnya masih banyak makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang lezat dan enak untuk dicicipi saat berkunjung ke daerah tersebut. Salah satunya makanan khas Kota Pati yang terkenal enak dan sulit dilupakan. Jadi, kalau mendatangi suatu daerah di Indonesia, jangan lupa untuk datang mencicipi makanan khas daerah tersebut, terutama jangan lupa mencoba makanan khas Kota Pati yang enak dan khas bersama keluarga atau orang terdekat.

    Penulis: Putri Widya

    Editor: Dewa Made Surya