FeaturedHeadline

Merangkul Kebhinekaan dengan Rabu Nusantara di Telkom University

AksaraNews, Bandung (04/04/2023) – Rabu Nusantara adalah sebuah program dari aktivasi budaya di Telkom University yang baru saja diluncurkan pada pertengahan Februari kemarin bertepatan dengan pelaksanaan Kersa Warming Up 2023 yang merupakan bagian dari Kick Off Agenda Calendar of Culture Action. Tujuan diadakannya Rabu Nusantara ini adalah untuk menanamkan nilai Harmony, Excellence, Integrity (HEI) dalam kehidupan sehari-hari sekaligus merangkul kebhinekaan di Telkom University.

Rabu Nusantara sendiri mengajak para pegawai Telkom University untuk mengenakan pakaian adat setiap hari Rabu. Mayoritas pegawai Telkom University menunjukkan antusias yang tinggi terhadap peraturan yang diumumkan pada tanggal 21 Februari tersebut dengan memakai busana kedaerahan, mulai dari aksesoris seperti ikat sunda, batik dengan berbagai motif yang menjadi ciri khas daerah, hingga kebaya dapat terlihat dikenakan oleh dosen dan pegawai Telkom University lainnya.

“Filosofi Rabu Nusantara ini berasal dari Bhinneka Tunggal Ika, karena Telkom University memiliki ragam dan kebhinekaan yang luar biasa. Seluruh civitas Telkom University sangat heterogen dan berasal dari daerah yang berbeda-beda, menyadari hal ini, alangkah baiknya kalau kita bisa membuat suatu wadah dimana kita bisa melestarikan budaya sambil berkumpul di satu institusi yaitu Telkom University” jelas Ajeng Ayu, Kepala Urusan Perencanaan Budaya Direktorat Sumber Daya Manusia. 

Berkaca pada poin Harmony dalam slogan Harmony, Excellence, Integrity menyatukan perbedaan dan mewujudkan keselarasan merupakan hal yang perlu sehingga dapat dikolaborasikan dan memastikan bahwa keberagaman tidak menjadi hambatan dalam bekerja. Menginternalisasikan dan mengembangkan budaya yang melekat pada setiap kepribadian pegawai dapat menjadi titik kesadaran bahwa perbedaan merupakan sesuatu yang indah dan dapat dipersatukan untuk menjadi satu tujuan.

Rabu Nusantara sendiri mengacu kepada keputusan rektor terkait Harmony, Excellence, Integrity yang kemudian dipecah menjadi sebuah aktivasi budaya berlatar nusantara. Hal ini mengingat Telkom University merupakan sebuah kampus nasional yang civitasnya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan harapan, tidak terikatnya Rabu Nusantara ini dengan suatu budaya tertentu dapat memperkaya perbedaan yang ada dan menjadi sebuah pemersatu yang bersifat informal, menyenangkan, dan inklusif. 

Penulis: Iswara Wisari

Editor: Zida Naela Salsabilla

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button