Headline

Penyebab TAK Lama Diverifikasi

AksaraNews, Bandung (26/03/2021) – Keluhan proses verifikasi TAK Mahasiswa Telkom University yang berlangsung lama menuai perbincangan di kalangan mahasiswa. Pasalnya, ada beberapa mahasiswa yang mengeluh melalui sosial media maupun secara langsung mengatakan bahwa sejak bulan Januari 2021 sampai Maret 2021 proses verifikasi TAK masih saja belum selesai hingga menjadi usang. Sebelumnya, proses verifikasi TAK hanya memakan waktu 2-3 menit untuk setiap pengajuan. Hal ini diakibatkan oleh didahulukannya verifikasi TAK untuk mahasiswa yang akan mengikuti Sidang Yudisium. 

“Setelah kita meng-approve yang sidang, kita mulai (verifikasi) lagi dari yang tanggal 19 Januari.” Ucap Kemas Rahmat selaku Manajer Kegiatan dan Kesejahteraan Mahasiswa (KKM).

Dalam sehari tercatat 400 hingga 500 pengajuan verifikasi TAK mahasiswa di iGracias. Angka ini meningkat drastis selama pembelajaran jarak jauh. Sebelum pandemi biasanya pengajuan hanya sekitar 10% dari 400-500 pengajuan.

Lamanya waktu verifikasi TAK tidak ada kaitannya dengan sistem baru TAK yang akan diterapkan nanti. Justru karena proses yang dirasa lama itulah, pihak BK Telkom University membuat sistem baru TAK yang diharapkan menjadi sistem yang lebih baik. 

“Justru karena verifikasinya lama, jadi kita buat sistem baru (TAK).” Kata Kemas kepada Aksara ketika diwawancarai.

Penulis : Putri Legia

Editor : Yudinda Gilang Pramudya

Related Articles

Back to top button