Headline

Pernyataan Sikap HIMADIRA: Arogansi Salah Satu Cagub Pemira FIT 2023

AksaraNews, Bandung (10/04/2023) – Lika-liku pelaksanaan Permira FIT 2023 belum berakhir. Usai surat pernyataan sikap dilayangkan oleh beberapa himpunan yang menyoroti indikasi kecacatan prosedural dalam Pemira FIT (24/02), kini muncul surat pernyataan sikap oleh Himpunan Mahasiswa D3 Rekayasa Perangkat Lunak (HIMADIRA) terhadap sikap arogan salah seorang calon gubernur (cagub) BEM FIT yang mengeluarkan narasi ancaman kepada HIMADIRA.

Ancaman dan Pencemaran Nama Baik Terhadap HIMADIRA

Awal mula dikeluarkannya surat pernyataan sikap HIMADIRA adalah ketika seorang mahasiswa berinisial “R” mendengar ancaman yang dilontarkan oleh cagub terpilih kepada Kahim HIMADIRA 2022, Muhammad Idris yang berbunyi, “Ayo kita pukul Idris, gue gak seneng digituin!” Saksi “R” lantas melaporkan hal ini ke Badan Pengawas Harian (BPH) HIMADIRA. Dengan tegas, HIMADIRA akhirnya mengeluarkan surat pernyataan sikap tidak sepakat terhadap hasil Permira FIT pada Sabtu (04/03) melalui akun Instagram @himadiraofficial. Salah satu alasannya adalah karena cagub terpilih bertindak arogan dengan melemparkan narasi ancaman kepada HIMADIRA.

Menurut Kema HIMADIRA, cagub terpilih mendengar kabar burung bahwa HIMADIRA turut serta mengeluarkan surat pernyataan sikap bersama berbagai himpunan yang tidak setuju dengan hasil Permira FIT pada 24 Februari lalu. Hal inilah yang menjadi pemicu keluarnya narasi ancaman oleh cagub terpilih kepada HIMADIRA. Berdasarkan keterangan Kema HIMADIRA, mereka menyatakan bahwa saat itu mereka bersikap netral dan hanya mengamati situasi saja.

Melalui wawancara bersama Tim Aksara, Kema HIMADIRA menyertakan sebuah file rekaman yang diambil pada saat Kema HIMADIRA bertemu dengan cagub terpilih pada Sabtu (04/03). Dalam rekaman tersebut, cagub terpilih melontarkan beberapa kalimat yang dinilai mencemarkan nama baik HIMADIRA, “Udah lah, bobrok-bobroknya kepemimpinan HIMADIRA tuh sampai kemarin-kemarin aja. Janganlah diulang-ulang lagi kesalahan dia. Tutupin loh, lu tuh harus nutupin kesalahan dia (kepemimpinan periode sebelumnya), banyak…” Ujar cagub terpilih.

Klarifikasi BPM HIMADIRA

Menanggapi surat pernyataan HIMADIRA, Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) HIMADIRA mengeluarkan surat klarifikasi melalui akun Instagram @bpmhimadira pada Selasa (11/03). Poin ketiga dalam surat klarifikasi tersebut menjelaskan tindakan arogan dan ancaman oleh salah satu cagub kepada HIMADIRA, yaitu mengancam HIMADIRA dengan narasi akan diacak-acak atau dihancurkan. Terdapat pula acaman yang dilayangkan kepada Kahim HIMADIRA tanpa bukti mendasar dan landasan yang kuat bahwasanya Kahim HIMADIRA akan dipanggil oleh kemahasiswaan berkaitan dengan huru hara politik di FIT, dan yang terakhir adalah acaman akan mengacak-acak dan berbuat rusuh pada musyawarah besar HIMADIRA.

Tanggapan BEM KEMA FIT

Beberapa hari berselang setelah diterbitkannya surat pernyataan sikap HIMADIRA, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KEMA FIT melalui akun Instagram-nya @bemkemafit melayangkan surat peringatan (SP) 1 kepada cagub terpilih pada Rabu (08/03). Cagub terpilih yang juga merupakan bagian dari departemen dalam negeri di BEM KEMA FIT dikenai pelanggaran norma kesusilaan dikarenakan sikap arogannya terhadap kema RPLA yang dinilai mencoreng nama baik BEM KEMA FIT.

Tim Aksara berupaya menghubungi cagub terpilih pada Kamis (06/03) untuk memverifikasi berbagai keterangan yang melibatkan dirinya. Namun karena ketidak cocokan waktu, cagub terpilih tidak dapat memberikan penjelasan apapun terkait peristiwa ini.

 

Penulis: Daffa Shiddiq Al-Fajri

Editor: Rifqah Amaliyah

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button