Ragam Prestasi dan Inovasi Bagi Pendidikan Indonesia oleh Telkom University

    0
    258
    Sumber : Google

    AksaraFeature, Bandung (01/09/2020) – Telkom University atau yang biasa disingkat Tel-U merupakan kampus swasta yang berlokasi di Bandung Selatan, tepatnya di Jl. Telekomunikasi, Jl. Terusan Buah Batu No.1, Sukapura, Kec. Dayeuhkolot. Orang tua kita mungkin lebih mengenal Telkom university dengan nama STT Telkom. Faktanya pada 24 Maret 1994 Telkom University dibentuk dengan menggabungkan empat institusi di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Empat institusi tersebut yaitu Institut Teknologi Telkom (ITT Telkom), Instititut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Diketahui bahwa sebelumnya Institut Teknologi Telkom merupakan Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) yang dikembangkan menjadi Telkom University. STT telkom dididirikan pada tahun 1990 di bawah naungan PT Telkom, dipimpin oleh Cacuk Sudarijanto yang menjabat sebagai direktur utama pada waktu itu. Telkom University sendiri disempurnakan pada 14 agustus 2013 atas Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud nomor 309/E/0/2013. Sejauh ini Telkom University memiliki 7 fakultas dan 34 program studi.

    Telkom University telah mencetak banyak prestasi di bidang pendidikan, salah satunya adalah Telkom University kembali meraih peringkat 1 universitas swasta terbaik di Indonesia 2020 versi Webometrics. Sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia, Telkom University yang menyandang perguruan tinggi berbasis ICT kembali meraih sertifikasi ISO 20000-1:2018. Selain itu juga, Telkom University kembali meraih penghargaan sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang meraih standar internasional dalam bidang manajemen IT.

    Tidak selesai sampai disitu saja, Telkom University juga memiliki inovasi yang diciptakan untuk membantu perkembangan pendidikan di Indonesia, salah satu nya adalah Open Library (Oplib). Oplib merupakan perpustakaan digital yang mana di dalamnya terdapat informasi dari seluruh koleksi pustaka milik Telkom University. Oplib dapat diakses online dengan menggunakan email SSO atau dapat diakses offline dengan mengunjungi perpustakaan yang bertempat di Telkom University. Inovasi lainnya yang diciptakan Telkom University adalah Bandung Techno Park (BTP). Bangunan ini merupakan solusi dari pengelolaan sampah dengan menggunakan bank sampah dan metode pembakaran sampah dengan Incinerator. Berdengan dengan Incinerator yang biasanya memberikan hasil asap yang belum netral dan boros dalam bahan bakar, inovasi Incinerator yang dibuat oleh Telkom University adalah membangun Incinerator yang menggunakan campuran air dengan bahan bakar solar, sehingga tidak merusak lingkungan juga tidak berbahaya bagi lingkungan.

    Telkom university selalu berkomitmen untuk memberikan inovasi dan kinerja yang terbaik terutama dalam perkembangan sektor pendidikan di Indonesia. Saat ini Telkom University sedang menyiapkan dua fakultas baru dengan 17 program studi. Untuk mendukung rencana ini, Yayasan Pendidikan Telkom University (YPT) tengah membangun fasilitas gedung perkuliahan baru yaitu Telkom University Landmark Tower (TULT). TULT ini dibangun di atas lahan seluas 50 hektare lebih di kawasan pendidikan Telkom Bandung. TULT dipercaya akan menjadi gedung perkuliahan tertinggi di wilayah Jawa Barat, namun tetap dengan mendukung konsep Go Green. Diharapkan dengan adanya pembangunan ini dapat membantu Telkom University membangun pendidikan yang lebih baik.

    Di masa pandemi saat ini, Telkom University juga merencanakan pengembangan teknologi telekomunikasi untuk membantu pembelajaran online di Indonesia. Diketahui pada 7 agustus 2020 Telkom University menerima kunjungan dari Prof Nizam, ph.D. selaku Direktur Jendral (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk meninjau sejauh mana kesiapan Telkom University dalam memepersiapkan teknologi telekomunikasi untuk membantu proses belajar mengajar di masa pandemi saat ini. Menurut tinjauan Prof. Nizam, cara kerja dan alat yang dikembangakan oleh Dr, Khoirul Anwar mirip seperti satelit, dimana melalui teknologi ini kita dapat mengirim konten pembelajaran ke tempat yang jauh dan sulit dijangkau, sehingga memungkinkan kita untuk menimba ilmu walau dijauhkan oleh jarak.

    Telkom University selalu mengedepankan cita cita dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Kurikulum maupun fasilitas dibangun agar SDM yang dihasilkan akan berkualitas dan dapat berguna bagi nusa dan bangsa. Dalam mewujudkan cita cita ini Telkom University bekerja sama dengan 3 negara untuk pengembangan pendidikan. Kerja sama ini digelar saat webinar yang melibatkan Duta Besar (Dubes) dari Afrika Selatan, Vietnam, dan Ukraina. Webinar yang diadakan pada 10 agustus 2020 itu memiliki tajuk “Menjalin Kerjasam Internasional Pendidikan Tinggi dalam Mneciptakan SDM Unggul” . Acara ini diadakan dalam menyambut hari jadi Telkom University ke-7 pada tanggal 14 Agustus 2020 lalu.

    Seluruh upaya ini diharapkan dapat membantu pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik namun tetap sesuai dengan cita – cita dan visi misi dari Telkom University. Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk menjadi bagian dari perkembangan pendidikan di Indonesia? Ayo bergabung dengan Telkom University.

    Penulis : Fadila Amalya

    Editor : Nur Azizah Arini Putri