Featured

Ramadhan Telkom University Bersama Prada 1445 H

Mulai dari Pawai Obor hingga Sahur dan Buka Bersama

AksaraFeature, Bandung (25/03/2024) — Bulan suci Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling dinanti-nanti umat muslim. Untuk menyambut datangnya Ramadhan, tentunya masyarakat Telkom University akan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan. Adapun penyelenggaraan kegiataan ini diwakili oleh Pejuang Ramadhan dan Idul Adha 1445 H.

Pejuang Ramadhan dan Idul Adha 1445 H atau yang dikenal dengan PRADA adalah suatu organisasi dalam lingkungan Telkom University yang bertujuan untuk memfasilitasi berbagai macam kegiatan dalam lingkup Ramadhan dan Idul Adha yang diselenggarakan di Masjid Syamsul ‘Ulum Telkom University.  PRADA sudah ada dari tahun ke tahun, akan tetapi pada awalnya PRADA bernama Pejuang Ramadhan Kampus (PRK) hingga pada 2019 menggantikan nama menjadi Pejuang Ramadhan dan Idul Adha. Untuk tahun ini sendiri merupakan tahun kedua PRADA menyelenggarakan kegiatannya secara luring pasca-Covid. Adapun tema yang diangkat oleh kepanitiaan pada tahun sekarang ialah Nawaseba Raksama yang diambil dari kata Nawasena yakni masa depan yang cerah, Raksa yakni melindungi, dan Aksama yaitu memaafkan.

Penyambutan Ramadhan pada tahun ini sendiri akan dimulai dari kegiatan Pawai Obor yang diselenggarakan pada 2 Maret 2024. Selain adanya kegiatan Pawai Obor untuk menyambut awal Ramadhan, PRADA juga mempunyai berbagai kegiatan lainnya untuk menemani masyarakat Telkom University selama masa Ramadhan ini. Bersumber dari akun resmi Instagram PRADA dapat diambil informasi mengenai kegiatan-kegiatannya yakni mencakup Pawai Obor, Bazaar, Cordoba, Tarhib Ramadhan, Bukber, Tarawih, Sholihah, Kajian Seirama, Kajian Nuzulul Quran, Tahajud, Santunan Anak Yatim, serta Mabit dan Sahur Bersama. Hampir semua kegiatan ini diselenggarakan di Masjid Syamsul ‘Ulum Telkom University.

Nah, program Buka dan Sahur Bersama yang diselenggarakan oleh PRADA pun memiliki beberapa teknis penyelenggaraan. Pertama, bagi yang ingin ikut dalam kegiatan ini harus terlebih dahulu mendaftarkan dirinya melalui stan secara offline pada plaza MSU. Lalu, setelah mendaftar, akan diberikan kupon. Ada pun jika kuponnya hilang, nanti kupon ini dapat di track oleh pihak PRADA yang mana akan di kontak kepada yang bersangkutan.

PRADA juga membuka peluang donasi dari jamaah maupun vendor sekitar MSU untuk menyumbangkan nasi maupun takjil. Sebagai data tambahan, kupon nasi yang diberikan oleh MSU sendiri terbatas, dikonfirmasi langsung oleh Kak Wildan selaku pengawas PRADA, yakni sekitar 30.000 selama Ramadhan dimana per harinya 1.000 nasi. 500 untuk MSU dan 500 lainnya diselenggarakan oleh Lazissu MSU kepada desa-desa binaannya.

Tak hanya kegiatan-kegiatan yang disebutkan di atas, PRADA juga ikut menyelenggarakan berbagai macam lomba yang berpusat di Masjid Syamsul ‘Ulum Telkom University. Berbagai macam lomba yang diselenggarakan yaitu Lomba MTQ, Adzan, Kaligrafi, Video Kreatif, serta Poster yang dibawahi melalui Cordoba. Cordoba sendiri merupakan subdivisi dari PRADA yang berfokuskan sebagai penyelenggara lomba yang diadakan oleh PRADA. Cordoba tahun ini, melalui hasil wawancara dengan Kak Wildan, akan lebih memfokuskan kepada anak-anak TPA dibandingkan tahun sebelumnya yang mengincar anak-anak SMA.

PRADA tahun ini sendiri cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, PRADA memfokuskan kepada program kolaborasi dengan berbagai UKM agar dapat bersama-sama menjalankan tugas untuk mendukung umat muslim dalam penyelenggaraan bulan sucinya. Selain itu, PRADA kali ini didukung penuh oleh pihak kampus mulai dari Rektor hingga Ditmawa untuk dapat memaksimalkan pelayanan Ramadhan yang memuaskan bagi khalayak ramai.

Untuk acara puncak sendiri, tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 29 dan 30 Maret, untuk info lebih detailnya akan di-launching pada tanggal 21 Maret melalui akun Instagram resmi PRADA (@prada.telyu). Tambahan juga, pada Ramadhan kali ini, PRADA merencanakan untuk berkolaborasi dengan Senior Resident untuk menyelenggarakan Pesantren Kilat bersama penghuni asrama.

 

Penulis: Mahardika Putra Yanata

Editor: Aida Sorfina

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button