HeadlineInfografis

Rangkaian Pemira 2022: Sosialisasi hingga Open Recruitment Delegasi

AksaraNews, Bandung (05/06/2022) – Perhelatan demokrasi Tel-U kembali dilaksanakan setelah mengalami keterlambatan. Sosialisasi Pemilihan Raya Mahasiswa (PEMIRA) telah diadakan pada 30 Mei 2022 lalu oleh Komisi Pemilihan Raya (KPR). Sedikit informasi, Pemira adalah sarana demokrasi mahasiswa Telkom University yang diselenggarakan setahun sekali dalam rangka pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa serta anggota DPM Independen.

Pelaksanaan PEMIRA diatur oleh 2 lembaga independen, yaitu Komisi Pemilihan Raya (KPR) dan Badan Pengawasan Pemilihan Raya (BPR) yang masing-masing memilki peran tersendiri. KPR bertanggung jawab atas penyelenggaraan, verifikasi hingga penentuan calon, serta menentukan aturan Pemira. Sedangkan BPR bertanggung jawab atas pengawasan, menerima, serta menindaklanjuti laporan. Anggota kedua lembaga tersebut ditentukan melalui pemilihan yang dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) sebelum dilaksanakannya Pemira.

KPR telah merilis linimasa Pemira pada Rabu, 1 Juni 2022 kemarin. Melalui akun Instagram resmi Pemira @pemiratelu2022, tahun ini Pemira dilangsungkan sejak tanggal 30 Mei 2022 hingga 1 Juli 2022, berikut merupakan linimasa Pemira dari awal sampai akhir kegiatan.

Melansir Keputusan Komisi Pemilihan Raya Keluarga Mahasiswa Universitas Telkom No. 001 Tahun 2022 tentang peraturan dan ketentuan pemilihan raya presiden dan wakil presiden mahasiswa dan anggota DPM pasal 14 ayat (1) bahwa: “Media elektronik yang digunakan adalah semua media informasi elektronik”.  Kampanye berbasis media elektronik yang dilaksanakan pada rentang tanggal 13 – 22 Juni 2022 ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu yang juga sudah mengadopsi sistem Pemira secara daring.

Perlu diketahui, pemilih yang merupakan seluruh mahasiswa aktif Telkom University wajib melakukan registrasi di platform yang telah disediakan oleh KPR sebelum melakukan pemilihan, dengan menggunakan KTM atau KSM sebagai identitas mahasiswa Telkom University yang masih berlaku.

Sebagai mahasiswa, diperlukan partisipasi secara aktif agar Pemira 2022 dapat terlaksana dengan sukses. Selain itu, diharapkan untuk bersama-sama mengawal terlaksananya Pemira 2022 agar dapat berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

 

Penulis: Muhammad Hasbi Kurniawan

Editor: Tesyalonica Adriana Dewi

Related Articles

Back to top button