Safe-T oleh Mahasiswa Telkom University, Tegakkan Hukum Berlalu Lintas

0
227

AksaraNews, Bandung (24/10/2019) – Telah dilaksanakan Forum Group Discussion (FGD) terkait Aplikasi Safe-T oleh Laboratorium IMV Fakultas Teknik Elektro (FTE) Telkom University. Acara ini sekaligus menjadi momen perilisan Aplikasi Safe-T sendiri dan berlangsung di Gedung Tokong Nanas Telkom University pada 13 September 2019. Pembicara yang mengisi FGD adalah AKP. Anang Suryana, S.H (perwakilan polrestabes Bandung), Iwan Iwut Tritoasmoro, S.T., M.T. (General Manager Bandung Techno Park), dan Grisna Anggadwita, S.T., M.T. (Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Telkom University).

Aplikasi Safe-T adalah aplikasi yang berfungsi untuk membantu masyarakat dan aparat kepolisian dalam menegakkan hukum juga aturan lalu lintas. Cara kerjanya yaitu ketika masyarakat umum melaporkan penyimpangan lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara lain. Mirip halnya dengan E-Tilang, aplikasi ini dapat digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat, tidak hanya aparat polisi.

Sistem pengaduan oleh masyarakat pada Aplikasi Safe-T adalah dengan cara memotret plat nomer pengendara yang menyalahi aturan lalu lintas dan di input di Aplikasi Safe-T, lalu dengan fitur OCR secara otomatis gambar laporan tersebut akan diubah ke teks. Setelah itu, laporan dapat diverifikasi kebenarannya oleh aparat polisi di website Safe-T (dicocokan nomor plat dengan data kepolisian). Diterima atau tidaknya laporan tersebut juga akan terlihat pada gawai pelapor. Setiap laporan yang diterima polisi juga akan menghasilkan poin bagi pelapor. Nantinya, poin tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik.

Sebelumnya, pendaftar Safe-T juga harus mengisi biodata berserta Kartu Tanda Pengenal (KTP) agar setiap laporan dapat dipertanggung jawabkan. Anky Aditya sebagai artificial intelligent engineer Aplikasi Safe-T menyatakan, “Pembuatan Safe-T dilatarbelakagi oleh masyarakat Indonesia yang kurang memperhatikan keselamatan berkendara, jumlah aparat yang terbatas, juga kemacetan yang berkelanjutan. Semoga dengan dirilisnya Safe-T, masyarakat Indonesia dapat teredukasi serta dapat ikut berpartisipasi dalam penegakan hukum berlalu lintas”. Mahasiswa Teknik Telekomunikasi 2016 Telkom University ini juga berharap Aplikasi Safe-T, dapat bermanfaat bagi banyak pihak dan dapat diapresiasi sebagai aplikasi buatan anak bangsa.

Penulis: Yasinta Darin


Editor: Dewa Made Surya