Featured

Sapiens: Sejarah Singkat Umat Manusia

AksaraFeature, Depok (10/1/2019) – Buku karya Yuval Noah Harari ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2011 dalam Bahasa Ibrani dan telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh penerbit PT Pustaka Alvabet. Kata “ringkas” pada judul bukunya dikarenakan Sapiens hanyalah sebagian kecil dari sejarah panjang umat manusia. Harari menjelaskan perjalanan Sapiens mulai dari bersaing dengan hewan ganas dan bertubuh besar serta saudaranya sehingga dapat menjadi hewan paling dominan di muka bumi hingga prediksi kepunahannya akan dikupas tuntas dalam buku ini.

Berdasarkan pendekatan sejarah dan sains yang telah dilakukan, Harari membagi sejarah manusia ke dalam tiga revolusi penting yang membentuk jalannya sejarah. Pertama, Revolusi Kognitif, yakni pembawa peradaban baru bagi Sapiens; berlangsung sekitar 70.000 tahun yang lalu. Kedua, Revolusi Agrikultur, yakni pembawa pengaruh gaya hidup Sapiens menjadi menetap dan bertani. Ketiga, Revolusi Saintifik, yakni revolusi yang membawa Sapiens menuju Revolusi Bioteknologi yang masih hangat di telinga kita. Harari memprediksi bahwa Revolusi Bioteknologi akan menjadi akhir dari sejarah Sapiens. Kita akan digantikan oleh Bioengineered post-humans yang akan membuat Sapiens menjadi “amortal”, kemampuan untuk hidup selamanya.

Sayangnya Harari tidak menyediakan bukti-bukti arkeologis yang ketat untuk mendukung argumennya. Tidak seperti buku Jared Diamond berjudul “Guns, Germs, & Steel” atau terjemahannya “Bedil, Kuman, & Baja”. Karya Diamond ini juga menceritakan sejarah peradaban manusia namun ditambahkan sajian banyak bukti dan data arkeologis dan menjadi dasar argumen Diamond. Sedangkan Harari hanya menyajikan argumennya seperti esai bebas.

Buku ini telah meraih prestasi menjadi Bestseller berdasarkan situs jual beli online amazon.com kategori sejarah dunia, Bestseller versi Sunday Times, Top Ten Bestseller versi majalah New York Times, dan pemenang Wenjin Book Award 2015, National Library of China. Dengan tebal 513 halaman, buku ini dapat menjadi bacaan yang menarik. Karena mengarungi sejarah manusia dari 70.000 tahun yang lalu melalui bahasa yang mudah dipahami serta selingan humor. Buku ini dapat kalian temukan di toko buku kesayangan kalian.

Penulis: M. Arief Syahnakri A.
Editor: Putri Paramita Dhyani

Related Articles

Back to top button