Spotlight : Mengungkap Kebenaran dan Memberi Keadilan

    0
    359
    sumber gambar : goldposter.com

    AksaraFeature, Bandung (15/2/2018) – Pada tanggal 6 Januari 2002 koran asal Amerika Serikat Boston Globe menerbitkan sebuah berita dengan judul “Church Allowed Abuse by Priest for Years”. Berita ini mengungkap kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak yang dilakukan oleh seorang pendeta bernama John J. Geoghan. Berita ini menjadi ramai dibicarakan setelah kejadian 9/11. Kisah ini pun diangkat menjadi sebuah film dengan judul Spotlight.

    Spotlight merupakan nama tim investigasi bentukan dari The Boston Globe. Tim ini beranggotakan Michael Rezendes (Mark Ruffalo), Walter “Robby” Robinson (Michael Keaton), Sacha Pfeiffer (Rachel McAdams), Marty Baron (Liev Schreiber), Ben Bradlee (John Slattery), dan Matt Carroll (Bryan d’Arcy James Jr). Pada awalnya, mereka hanya fokus untuk mengungkap pelecehan seksual yang dilakukan oleh John J. Geoghan. Namun, setelah penyelidikan berlangsung, terungkap bahwa hampir sembilan puluh pendeta di Boston telah melakukan hal serupa. Fokus investigasi pun berubah. Mereka menargetkan untuk mengungkap fakta Kardinal Law yang mengetahui hal tersebut dan malah menyembunyikannya dari publik. Bahkan Kardinal Law mencoba membungkam semua orang yang mencoba mengungkap kasus ini.

    Film ini berhasil mengangkat cerita investigasi kasus pelecehan seksual oleh pendeta di Boston. Selain itu, di dalamnya disuguhkan konflik yang terjadi pada para anggota Tim Spotlight. Mereka berhadapan dengan risiko menentang keluarga mereka sendiri, apalagi sebagian besar anggota tim merupakan penganut Katolik dan berada dalam lingkungan yang sangat taat. Namun, mereka mempunyai tekad bahwa kebenaran harus terungkap. Hal itu tidak bisa dicapai tanpa kerja sama tim yang baik.

    Cerita dalam film disampaikan dengan sangat baik tanpa terasa dilebih-lebihkan. Kerja sama Tim Spotlight juga terasa sangat nyata. Film ini berhasil meraih berbagai penghargaan, salah satunya adalah Academy Award for Best Picture. Pesan yang ingin disampaikan dalam film dapat ditangkap dengan mudah oleh penonton. Seorang jurnalis atau bukan, mengungkap suatu kebenaran adalah kewajiban tiap orang. Persis seperti apa yang dilakukan oleh Tim Spotlight.

    Penulis : Safitri Dwi Ramadhanti

    Editor : Fidya Rahmawanti