Featured

Strategi Mengatasi Kebiasaan Procrastination

AksaraFeature, Bandung (16/11/2023) — Halo Aksarans! Kalian pasti pernah mengalami kesulitan menyelesaikan sesuatu pekerjaan padahal banyak sekali pekerjaan yang perlu diselesaikan, kan? Itu disebut sebagai procrastination atau penundaan. 

Procrastination atau kebiasaan menunda suatu aktivitas atau tugas seringkali menghambat produktivitas dan merugikan pencapaian tujuan. Hal ini biasanya terjadi karena kombinasi beberapa faktor, termasuk ketidakjelasan tujuan, ketakutan akan kegagalan, perfectionism, kurangnya motivasi, kurangnya keterampilan manajemen waktu, dan kurangnya tanggung jawab sosial. Namun, jangan khawatir! kali ini kita akan membahas beberapa strategi praktis untuk mengatasi kecenderungan menunda-nunda.

Pahami Akar Masalah

Agar bisa mengatasi kebiasaan menunda-nunda, kita perlu memahami sumber masalahnya. Apakah itu karena takut gagal, merasa lelah, atau bahkan kurangnya minat? Langkah awal menuju perubahan positif adalah dengan mengidentifikasi akar penyebab dari perilaku menunda-nunda tersebut.

Bagi Tugas Menjadi Bagian Kecil

Terkadang pekerjaan berat bisa terasa menakutkan. Sebagai alternatif, pecahlah tugas tersebut menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah dikelola. Dengan memusatkan perhatian pada langkah-langkah kecil, kita dapat mengurangi perasaan kewalahan dan meningkatkan motivasi.

Tentukan Tujuan yang Jelas

Membuat tujuan yang spesifik dan terukur dapat memberikan arah yang jelas. Dengan mengetahui apa yang perlu dicapai, kita akan termotivasi untuk bergerak maju.

Buat Jadwal yang Teratur

Membuat jadwal dapat membantu mengatasi kecenderungan menunda-nunda. Tetapkan jadwal khusus untuk tugas-tugas yang penting dan patuhi jadwal tersebut. Dengan konsisten melakukannya, langkah-langkah ini dapat menjadi kebiasaan berulang yang positif.

Jauhkan Distraksi

Distraksi seperti ponsel atau media sosial dapat menjadi penyebab utama menunda peekrjaan. Pisahkan diri dari distraksi ini untuk fokus pada pekerjaan yang harus diselesaikan.

Gunakan Teknik Pomodoro

Mengerjakan pekerjaan dalam sesi singkat dan fokus (misal 25 menit), diikuti oleh istirahat singkat. Hal ini dapat meningkatkan fokus serta produktivitas kita.

Berikan Hadiah untuk Diri Sendiri

Berikan penghargaan pada diri sendiri setelah menyelesaikan suatu tugas. Kebiasaan ini berfungsi sebagai bentuk penguatan positif yang meningkatkan motivasi kita untuk menghindari perilaku menunda-nunda.

Itulah beberapa tips untuk menghindari kebiasaan menunda-nunda, untuk mengatasi kecenderungan menunda-nunda, diperlukan kesadaran diri dan upaya yang konsisten. Dengan menerapkan strategi ini, kita dapat melangkah menuju kesuksesan tanpa terjebak dalam kebiasaan menunda-nunda. Ingatlah, tindakan kecil dapat membawa perubahan besar!

 

Penulis: Athalia Zahra

Editor: Jasmine Fairuz

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button